Mengatasi KEBOCORAN pada Katup

Kebocoran pada katup bisa karena sealnya yang aus sehingga membuat rembesan oli masuk ke ruang bakar, bisa juga karena payung katup tidak menutup rapat sehingga membuat tekanan kompresi berkurang.

Kebocoran pada seal yang berada di batang katup bisa diatasi dengan menggantinya, untuk menggantinya sebaiknya di lakukan per set agar hasilnya maksimal.

Sedangkan jika kebocoran terjadi pada daun klep maka harus di lakukan proses skir katup. Kebocoran pada payung klep bisa terjadi karena kotoran atau deposit karbon yang menghalangi katup menutup sempurna pada dudukannya.

Deposit karbon ini harus dihilangkan atau di bersihkan dengan metode sekir katup.

Menyekir katup memang gampang-gampang susah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau meminta bantuan bengkel langganan.

Jika anda ingin melakukanya sendiri, pastikan jangan pernah menukar posisi klep jika misalnya klep mesin kendaraan anda lebih dari satu pasang.

Misalnya untuk mobil yang 4 silinder, jangan pernah memindahkan atau menukar klep Isap silinder satu dengan silinder dua.

Begitu juga pada mesin motor yang sudah menerapkan multi klep meskipun hanya satu silinder seperti MX-King (4 Katup SOHC) atau Satria (4 katup DOHC), jangan pernah menukar posisi klep sebelah kiri ke sebelah kanan begitupun sebaliknya.

Karena masing-masing klep ini sudah terbentuk sudut yang sesuai antara bibir payung klep dan sittingnya dan juga sudah mengalami keausan yang berbeda untuk setiap silindernya.

Perbedaannya memang tidak kentara, tapi jika anda menukarnya maka pekerjaan anda menyekir akan semakin sulit dan lama. Karena klep dan sitting klep perlu membentuk kontur dudukan baru dan harus saling menyesuaikan terlebih dahulu.

Untuk menyekir klep anda bisa menggunakan metode manual yaitu dengan menyambungkan ujung batang klep ke selang bensin yang berbahan karet. Ini sebagai perpanjangan tangan agar klep bisa di putar menggunakan kedua telapak tangan.

Jika anda merasa punya filling yang cukup baik, anda bisa menggunakan bantuan bor untuk memutar katup. Tapi ini sangat berisiko karena salah-salah malah akan merusak daun klep atau bahkan keausan berlebih pada dudukan sitting klep.

Di bengkel pun, penggunaan mesin bor untuk menyekir klep hanya dilakukan oleh mekanik ahli yang sudah sangat berpengalaman.

mengatasi katup bocor,skir katup,skir klep

Untuk memulai menyekir anda membutuhkan yang namanya Grinding Paste atau obat skir klep. Dalam satu kemasan kaleng Grinding Paste ini terdapat dua jenis tingkat abrasif, kasar dan halus.

Tutup atas untuk yang kasar di tandai dengan tulisan Coarse This End dan yang bawah untuk finishing yang memiliki tingkat abrasif rendah, bertuliskan Fine this End.

Grinding Paste atau yang biasa di kenal dengan sebutan Amril tersedia dalam beragam pilihan merk yang di jual sekitar 50 ribuan.

Untuk skir klep-baru bisa dimulai dari amril kasar nanti kalau bentuk payung klep sudah berbentuk sesuai sittingnya baru di finishing dengan amril halus.

Tapi untuk klep yang sudah ada dimesin dan hanya perlu di haluskan untuk mangatasi kebocoran maka wajib menggunakan amril halus agar dudukan sitting klep tidak terlalu banyak terkikis.

Beberapa bengkel bahkan hanya menggunakan odol atau autosol untuk menghaluskan permukaan payung katup dan sitting katup sehingga permukaan kedua komponen yang saling bersinggunan tidak terlalu banyak "termakan".

Untuk memudahkan proses sekir klep anda bisa menggunakan bensin agar gerakan klep bisa lebih lancar. Teteskan bensin ke permukaan payung klep dan putar klep dengan putaran searah, jangan di bolak balik.

Mengatasi kebocoran pada daun Katup, skir klep, skir katup

Pantau perkembangan permukaan katup dan sitting klep setiap 30-50 kali putaran agar tidak kebablasan.

Jika dirasa permukaan klep dan dudukan klep sudah bisa menutup sempurna, maka lakukan pemeriksaan.

Bersihkan sisa amril yang menempel di sekitar katup dan dudukannya hingga bersih, lalu putar klep sebanyak 2-3 kali dengan tekanan, sehingga payung klep bergesekan dengan dudukannya seperti saat menyekir, tapi kali ini tanpa amril. setelah itu lihat bekas garis yang tercipta pada dudukan katup.

Biasanya akan terlihat garis lurus melingkar tanpa putus, jika begitu, maka proses skir klep sudah bisa di akhiri. Untuk memastikannya lagi, coba tetesi bensin ke permukaan klep, apakah bensin bisa menelusup masuk melewati payung klep atau tidak.

Jika bensin menggenang di kubah kepala silinder maka proses skir klep sudah selesai anda bisa melanjutkannya ke katup yang lain atau merakit kembali mesin.

Itulah cara mengatasi kebocoran pada payung katup mesin kendaran bermotor, semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Mengatasi KEBOCORAN pada Katup" ini :)

0 Response to "Mengatasi KEBOCORAN pada Katup"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.