Cara menghilangkan NODA ASPAL di bodi mobil

Kondisi jalan raya yeng beraneka ragam membuat kita harus lebih telaten merawat mobil khususnya bagian bodi.

Selain debu dan kotoran, bodi mobil bisa juga terkena aspal cair yang menempel saat melintasi jalan berlubang yang sedang proses perbaikan.

Aspal cair biasa disiram tipis-tipis ke permukaan jalan yang akan diaspal, jika terinjak roda maka akan terpancar ke bodi mobil.

Meskipun kita sudah berjalan sepelan mungkin saat melintasi area beraspal basah, tapi aspal yang sudah terlanjur melekat di ban mobil akan tetap terciprat ketika kita menambah kecepatan di jalan yang kita anggap sudah aman.

Noda aspal yang menempel di bodi mobil lumayan sulit di hilangkan dengan di cuci seperti biasa. Perlu perlakuan, metode dan waktu khusus untuk menanganinya.

Untuk membersihkan noda aspal yang menempel di bodi mobil anda hanya perlu cairan khusus yang banyak di jual di pasaran.

Pilih merk ternama dan sudah terkenal handal untuk menghilangkan noda aspal di mobil.

Sebenarnya menghilangkan noda aspal yang menempel di bodi mobil tidaklah sulit. Hanya memang tidak bisa langsung di paksa dengan menggosok-gosokannya sekuat tenaga, karena malah akan merusak cat mobil anda.

cara membersihkan noda aspal

Untuk lebih jelasnya, beginilah langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan noda aspal di bodi mobil.

Pertama, cuci bersih bagian bodi yang terkena aspal dan keringkan hingga benar-benar kering.

Kedua, semprotkan cairan pembersih noda aspal dan diamkan beberapa menit sekitar 5 – 10 menit hingga aspal melunak.

Selain menggunakan cairan khusus, anda juga bisa mencoba menggunakan minyak tanah atau solar.

TAPI harus hati-hati jika terkena bagian mobil yang berbahan dasar karet seperti karet peredam pintu, segera cuci agar karet pintu tidak melar.

Ketiga, setelah aspal melunak, anda bisa mulai mengelapnya secara perlahan menggunakan kain halus. Jika ada percikan aspaal yang masih keras jangan dipaksakan semprotkan lagi cairan pembersih aspal untuk membuatnya lunak.

Keempat, setelah semua aspal berhasil terangkat, cuci bersih bodi mobil untuk memastikan tidak ada aspal yang tersisa dan membersihkan sisa-sisa cairan pembersih yang mungkin masih menempel.

Baca juga :

Demikianlah cara mudah untuk membersihkan noda aspal yang menempel di bodi mobil, tips ini bisa juga diterapkan pada sepeda motor yang mengalami masalah yang sama, semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment