Cara Mengganti Tangki MIO GT

Tangki adalah salah satu bagian motor yang sangat penting keberadannya karena sebagai tempat penampungan 'sumber nyawa' bagi motor.

Tangki motor kelas bebek atau skutik sebenarnya sangat jarang sekali mengalami masalah, apalagi sampai bocor.

Kalau motor type Sport seperti GL-Pro, Tiger, dll mungkin kita sudah sering menemukan kasus tangki bocor. Yang kemudian banyak mengatasinya dengan melapisi sabun atau lem besi.

Tapi kalau motor Skutik seperti Yamaha MIO GT mengalami masalah kebocoran pada tangki maka agak sulit untuk mengatasinya dengan lem atau sabun, karena daya tahan lem dan sabun mungkin tidak maksimal sehingga tangki akan mudah bocor lagi dalam waktu dekat  Sedangkan posisi tangki cukup sulit dijangkau karena letaknya tersembunyi di balik bodi.

Lain halnya motor Sport yang tangkinya terlihat dan mudah di akses dan tidak perlu terlalu banyak melepas komponen, jadi kalau hanya rembes atau bocor kecil, masih bisa ditanggulangi dengan lem atau sabun. Ketika suatu saat lemnya mrotoli bisa langsung terlihat dan diatasi.

mengganti tangki mio gt

Salah satu penyebab kebocoran terjadi karena tangki mengalami korosi dan akhirnya di sebagian dasar tangki mengalami keropos dan kemudian mulai bocor.

Jadi jika anda menemukan titik-titik biang korosi di tangki, sebaiknya segera lakukan penanggulangan agar tangki tidak keropos.

Untuk melakukan perbaikan atau mengganti Tangki MIO GT tidaklah terlalu sulit dan rumit. Anda hanya perlu kunci 10, kunci L dan obeng plus.

Prosedur mengganti tangki di mulai dari membuka bodi MIO GT kanan dan kiri. Untuk Urutan membuka bodi MIO GT tidak akan di jelaskan disini, karena akan panjang. Untuk panduannya, Anda bisa lihat “Cara Membuka Bodi MIO GT".

Setelah bodi terlepas, selanjutnya anda perlu melepas Bagasi yang sekaligus menjadi tempat dudukan jok motor.

Sebelum anda melepas Bagasi MIO GT, lepas terlebih dahulu Aki dan keluarkan dari tempatnya agar memudahkan mengeluarkan kabel-kabel aki yang menyelip melalui lubang yang ada di bagasi motor.

Lepas juga ECU Yang menempel disisi luar bagasi, anda bisa lepas soketnya atau lepas ECU dari dudukannya.

ganti tangki mio gt, ecu mio

Setelah Bagasi dan jok motor terangkat, kemudian anda bisa mulai langkahg melepas tangki motor MIO GT.

Tangki Motor MIO GT di ikat dengan 4 buah baut ukuran 10, tidak sulit menemukannya. Setelah empat baut tersebut terlepas, angkat sedikit tangki MIO GT dan lepaskan soket kabel yang terhubung ke tangki.

Di situ terdapat dua soket Kabel, yang satu untuk indikator kapasitas bensin dan satunya lagi untuk Fuel Pump.

Setelah dua soket tersebut terlepas, kemudian anda bisa memutar posisi tangki menjadi vertikal agar bisa dengan mudah mengakses selang bensin dan melepasnya.

Baca juga :

Setelah selang bensin terlepas maka anda bisa mengangkat tangki, jangan takut bensin akan mengalir keluar dari saluran bensin karena MIO GT sudah berteknologi Injeksi, jadi bensin tidak akan mengalir jika tidak di pompa.

Itulah sebabnya Motor MIO GT akan sulit di hidupkan kalau Akinya soak, karena pompa bensin tidak bisa bekerja tanpa suplai daya dari Aki.

Baca juga :

Setelah tangki berhasil di lepas, didapati bagian dasar tangki ada yang keropos dan ketika di tekan maka bahan tangki langsung ambrol seperti kerupuk dan menghasilkan lubang menganga seukuran jempol kaki.


Akhirnya opsinya ada dua, mengelasnya atau menggantinya dengan yang baru. Semua opsi tersebut butuh biaya.

Kalau begini, kadang jadi kangen sama motor karburator yang masih bisa jalan walaupun dengan wadah bensin dari botol bekas air mineral sebagai pengganti tangki.

Apapun opsi yang dipilih (mengelas atau mengganti tangki) Anda tetap harus melepas Fuel Pump dari tangki motor.

Melepas Fuel Pump Mio GT bisa pakai kunci L, hati-hati melepaskannya, sebaiknya gunakan kunci L yang berkualitas baik karena mungkin baut akan sulit di buka dan bisa merusak kunci L atau malah merusak lubang kunci pada baut.

Kebetulan waktu melepas Fuel Pump ini, sepertinya yang di pakai adalah kunci L KW 19 (warna putih). Jadi, waktu digunakan, baut belum terbuka semua, tapi ujung kunci L sudah bulat. Kalau yang warna hitam sepertinya lebih kuat tapi kebetulan tidak punya ukuran yang pas dengan bautnya.

kunci L untuk lepad fuel pumpp mio

Terpaksa di potong pakai gergaji besi untuk membuang ujung kunci L yang sudah bulat sehingga mendapatkan bentuk kunci yang masih sempurna. Lama-lama kunci L bisa habis karena terus-terusan di potong :D.

Setelah Fuel Pump terlepas, anda bisa memindahkannya ke tangki baru atau menyimpannya di tempat yang aman sembari menunggu tangki di perbaiki.

Sekedar Informasi, harga Tangki MIO GT bisa didapat di rentang harga antara 200 hingga 350 ribu tergantung kualitas dan lokasi geografis.

Demikianlah cara mengganti Tangki Mio GT, semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Cara Mengganti Tangki MIO GT" ini :)

0 Response to "Cara Mengganti Tangki MIO GT"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.