Fitur yang ada di lampu depan mobil

Headlamp atau lampu utama, berperan penting sebagai salah satu syarat kelayakan sebuah kendaraan bermotor agar dapat melintasi jalan raya umum. Headlamp umumnya terpasang secara statis di bagian depan motor / mobil sehingga ketika dinyalakan dapat menerangi bagian depan mobil saat berjalan dimalam hari.

Fitur standart yang ada di lampu depan mobil umumnya adalah lampu jauh, lampu dekat dan dimmer (lampu tembak). Namun di beberapa mobil premium, fitur lampu kepala tidak hanya terbatas pada tiga fungsi utama tersebut diatas.

Melainkan ada beberapa fitur lain yang ada di lampu depan mobil dan dapat sangat bermanfaat untuk pengguna mobil dalam berkendara.

fitur yang ada di lampu depan mobil

Fitur yang ada di lampu depan mobil antara lain;

1. Follow me Home

Follow me home headlamps adalahfitur tambahan yang di terapkan pada lampu depan mobil yang berfungsi untuk membantu memandu anda dengan tetap memberi penerangan saat akan masuk rumah. Ketika anda telah sampai ke suatu tempat, katakanlah rumah, dimalam hari yang minim penerangan cenderung gelap gulita.

Anda bisa mematikan mobil lalu cabut kunci kontak, posisikan tuas saklar headlamp ke posisi High beam maka lampu akan depan mobil akan tetap menyala beberapa detikuntuk memberi penerangan bagi anda ketika menyusuri jalan masuk kedalam rumah. Metode untuk mengaktifkan fitur ini bisa berbeda-beda antar satu mobil dengan yang lainnya. Namun fitur ini bukan seperti mode follow me di Drone yang mengikuti kemanapun anda pergi.

2. Auto Headlamp

Lampu depan otomatis, fitur ini memungkinkan bagi lampu depan mobil untuk bertindak menyesuaikna dengan kondisi kecerahan cahaya disekitarnya. Misalnya ketika mobil memasuki lingkungan yang gelap seperti terowongan maka lampu depan dan lampu kota akan otomatis menyala.

Fitur ini dilengkapi dennnggganm sensor light control yang diletakan pada dashboard atau area sekitar mobil yang bisa terpapar langsung dengan cahaya sekitar. Untuk mengaktifkan fitur ini biasanya terdapat pilihan mode Auto di saklar headlamp dan lampu pun akan bekerja otomatis.

3. Auto Turn Off

Fitur ini sangat berguna sekali bagi anda yang sering kelupaan mematikan lampu depan saat turun dari mobil. Biasanya headlamp akan tetap menyala ketika mesin dimatikan dan kalau sampai lupa matikan headlamp, alamat aki tekor.

Auto turn off akan mengantisipasi dengan mematikan secara otomatis headlamp saat pengemudi keluar dari mobil. Jadi saat kunci kontak dimatikan dan anda membuka pintu untuk keluar maka lampu depan akan otomatis padam, sehingga baterai aman dari drop karena lupa matikan lampu depan.

4. Adaptif frontlight system 

Sistem canggih di lampu mobil yang bisa menyesuaikan / mengikuti kemana arah mobil menuju. Saat berbelok, lampu akan mengikuti arah roda sehingga cahaya lampu dapat menerangi area yang menjadi blindspot pada lampu konvnesional yang bersifat statis saat berbelok. Sudut belok lampu akan bergerak mengikuti arah roda dengan mempertimbangkan laju mobil, sudut belok lampu depan pun tidak sebesar sudut belok roda.

5. Auto Level Control

Besaran sudut sorotan lampu depan sudah ditentukan oleh pabrikan sehingga bisa memberi penerangan di depan mobil tanpa mengganggu pengguna jalan lain yang ada di depannya. Masalah muncul ketika beban mobil di bagian belakang terlalu banyak karena membawa banyak bawaan dalam bagasi.

Saat beban mobil terlalu banyak di belakang maka posisi mobil otomatis akan mendongak (bagian depan terangkat) dan membuat sorot lampu akan cenderung mengarah keatas. Sorot lampu akan menyilaukan pengguna jalan lain yang berada berlawanan arah.

Fitur Auto level control akan membuat lampu depan bisa menyesuaikan sorotan lampu depan dengan kondisi beban penumpang atau barang yang dibawa. Saat posisi mobil kembali normal tanpa muatan maka sorotan lampu akan kembali seperti semula. Fitur ini di kontrol dan di kendalikan oleh sensor ketinggian yang terpasang di suspensi mobil.


Itulah beberapa fitur yang ada di lampu depan mobil. Fitur-fitur canggih tersebut mungkin hanya dapat di temukan pada mobil-mobil kelas premium yang fariasi fiturnya mungkin lebih beragam seiring semakin mahalnya harga mobil cabggih tersebut.

Share Informasi "Fitur yang ada di lampu depan mobil" ini ke temanmu :)