Cara mengendalikan populasi cicak dirumah

Menurut sur-vei yang tidak berdasar dan tidak dapat dipertanggung jawabkan, hampir setiap rumah di Indonesia terdapat komunitas cicak yang suka merayap diam-diam atau bahkan rame-rame di dinding hingga datang seekor nyamuk yang kemudian hap lalu ditangkap.

Hal ini dirasa perlu campur tangan manusia, karena kurangnya predator alami yang dapat mengendalikan populasi cicak rumah sebagaimana mestinya.

Berikut beberapa cara yang mungkin dapat digunakan untuk membasmi atau mengendalikan populasi cicak didalam rumah.

1. karet gelang

capuraca.blogspot.com

Pasti punya donk yang namanya karet gelang, kalau belum punya bisa ke warung nasi dulu beli nasi bungkus dan minta yang pedes agar supaya mendapat karet gelang dua buah. Lumayan ada cadangan bila salah satu karet gelang njepat menghilang tak terkendali.

Cara ini termasuk cara konvensional namun cukup efektif untuk mengendalikan populasi cicak dirumah tetapi diperlukan keahlian khusus dan tingkat akurasi yang sangat tinggi untuk maendapatkan hasil yang maksimal. Karena cara ini sangat mudah dan sepertinya tidak perlu dipermasalahkan lagi dan tidak perlu kajian lebih lanjut, mari kita bahas cara berikutnya.

2. Ampas kopi

capuraca.blogspot.com

Ampas kopi?? Punya donk, kalo Cuma ampas kopi. Cara kerja alat ini pun sangat mudah, dan biasanya disertakan petunjuk pemakaian dalam kemasannya  -nah loo, bingung kan. Okelah  akan dijelaskan sedikit cara kerja alat ini, selebihnya diperlukan kreatifitas anda dalam berimprovisasi dengan alat ini.

Siapkan secangkir kopi hangat, panas juga gpp, minum sebagian atau seluruh kopi yang ada, pastikan tersisa ampas kopi yang hitam dan pekat untuk menarik minat cicak, selanjutnya letakkan gelas yang berisi ampas kopi tadi ditempat-tempat yang sering dilewati cicak dimalam hari, dan berharaplah ada cicak yang terjebak didalam gelas keesokan harinya.

Bisa dibilang ini adalah merupakan perangkap cicak yang mudah murah dan praktis walaupun efektifitasnya dalam membasmi cicak perlu di kaji lebih mendalam lagi.

Selanjutnya…

3. Pistol Air

capuraca.blogspot.com

Pistol Air??? Iya pistol air, mungkin ini salah satu cara pengendalian cicak yang memerlukan modal relative lebih mahal dibanding kedua cara diatas.

Karena harus keluar kocek untuk menebus pistol air yang harganya relative dibanding karet gelang dan ampas kopi tadi. Ada opsi lain jika anda tidak rela mengeluarkan rupiah untuk menebus pistol air, anda bisa menggunakan semprotan pewangi pakaian yang sudah tidak terpakai tentunya, tetapi alat ini perlu sedikit modifikasi agar bisa bekerja dengan maksimal untuk membasmi cicak di rumah.

Oke kita tinggalkan dulu pistol air dengan beragam pandangannya, mari kita bahas spray pewangi pakaian lebih lanjut.

Pertama-tama siapkan spray pewangi pakaian yang sudah tidak terpakai tentunya

capuraca.blogspot.com

Lepas bagaian moncong spray seperti pada gambar dibawah, hal ini perlu dilakukan karena kita ketahui bersama bahwa sifat semburan yang dihasilkan oleh spray pewangi pakaian adalah ‘menyebar’ ketika disemprotkan, sehingga tentu tidak akan efektif ketika kita akan menarget cicak yang sedang merayap didinding. 

capuraca.blogspot.com

Karena posisi nya berfariasi menurut jarak dan luas rumah. Dengan dilakukan sedikit modifikasi ini maka jangkauan spray pewangi pakaian diharapkan akan lebih jauh dibanding sebelumnya, dan mampu menjangkau cicak walaupun posisinya agak jauh.

Kemudian lepaskan benda kecil ini, karena benda kecil ini tidak terdeteksi nama aslinya jadi silahkan lihat gambar.

capuraca.blogspot.com

Selanjutnya pasang kembali  moncong spray, dan spray pewangi pakaian ini siap digunakan. Cara menggunakannya sangat mudah cukup tembakan isi cairan kearah cicak yang menurut anda sangat mengganggu.

capuraca.blogspot.com

Selanjutnya mari kita berkreasi dengan berbagai macam cairan yang sekiranya bisa membuat cicak enggan datang lagi atau bahkan lari sempoyongan terhuyung-huyung. Sebagai contoh dalam kasus ini digunakan campuran ba*gon cair, merica dan air secukupnya, kemudian isikan ramuan tadi kedalam botol spray pengharum pakaian atau kedalam wadah pistol air dan tembakkan kearah manapun cicak berada. 

Kombinasi cairan ini menurut kami cukup efektif membuat cicak jera jika terkena cairan ini dan enggan hadir lagi di tembok kita.  Selanjutnya silahkan anda berkreasi sesuai imajinasi anda untuk ramuan cairan sesuai selera anda. 

Perlu diperhatikan untuk campuran cairan yang digunakan untuk tidak menggunakan cairan yang dapat merusak cat tembok anda tentunya.  
Dan perlu diperhatikan juga saat mengoperasikan alat ini agar menghindari menembakkan cairan kearah sekitar saklar atau area instalasi listrik untuk menghindari konslet.

Karena sifat cairan yang tentunya kita ketahui bersama cukup berbahaya bagi instalasi listrik rumah sperti TV, Kulkas, Radio dan sejenisnya. Jadi jika ada cicak yang bertengger disekitar instalasi listrik rumah sebaiknya dibiarkan saja atau tunggu sampai cicak tersebut berpindah ketempat yang lebih “aman”.


Demikian sedikit paparan cara mengendalikan populasi  cicak di rumah yang dapat  kami sampaikan, sebenarnya masih ada satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk mengurangi populasi cicak dirumah yaitu dengan menggunakan racun cicak. Tetapi cara ini tidak perlu dibahas karena sangat mudah penggunaanya, dan biasanya terdapat panduan cara penggunaan di kemasannya, dan juga budget yang dikeluarkan cukup relatif walaupun mungkin efektifitasnya lebih baik dalam usaha membasmi cicak dibanding paparan diatas. Terima kasih.

Semoga bermanffaat..
please Do It With Your Own Risk Yaa..



2 Responses to "Cara mengendalikan populasi cicak dirumah"

  1. Meskipun sedikit konyol,,, tp penting jg kalo populasi cicak naik.. Apalagi pake karet gelang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil baiknya saj gan :)
      thanks kunjungannya

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.