Tips Memilih Sepeda Motor sesuai kebutuhan

Sama seperti kendaraan jenis lainnya, sepeda motor juga dapat menjadi salah satu kendaraan untuk menemani aktifitas sehari-hari secara pribadi maupun bersama keluarga.

Beragam merek sepeda motor tersedia di pasaran. Produsen lokal maupun luar bersaing merebut hati dan minat pelanggan.

Bagi Anda yang masih bingung memilih sepeda motor, anda dapat mengunjungi showroom atau melihat pameran-pameran sepeda motor yang sering diadakan di mall atau tempat umum lainnya

Anda pun bisa mencoba mencari informasi seputar sepeda motor tersebut melalui berbagai sumber, baik media cetak maupun media elektronik.

Saat ini referensi atau sumber informasii kendaraan tidak lagi didominasi oleh media cetak seperti surat kabar, majalah, maupun tabloid otomotif. Dan tidak juga dikuasai oleh media elektronik semacam televisi.

Belakangan ini keberadaan internet sebagai media virtual sejagat turut memberi corak lain sebagai referensi dan informasi seputar otomotif. Internet telah menjelma bak gudang berbagai macam informasi dunia otomotif. Informasi detail tentang beragam kendaraan otomotif bisa dengan mudah Anda peroleh hanya melalui internet.

Kelincahan sepeda motor di jalanan tak diragukan lagi. Efisiensinya sebagai tunggangan yang mampu menerobos celah-celah kemacetan, melewati gang-gang atau jalan sempit, membuat sepeda motor pas menjadi salah satu kendaraan pribadi maupun untuk digunakan bersama keluarga.

Berbagai jenis dan merek sepeda motor yang dijual ke publik menandakan bahwa kuda besi ini memiliki pengguna dari beragam kalangan, usia dan jenis kelamin.

Sepada motor untuk pribadi dan keluarga biasanya berbentuk sepeda motor bebek dan motor matic. Jenis sepeda motor lain pun juga tersedia dalam berbagai jenis seperti motor sport, motor trail dan lain-lain.

Tips Memilih Sepeda Motor

Memilih sepeda motor memang tak boleh sembarangan. Jenis kendaraan yang digunakan pun harus cocok untuk diri sendiri atau pun untuk anggota keluarga.
Berikut ini adalah kiat dalam menentukan sepeda motor yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Pertama, pilih sepeda motor yang aman digunakan. Keamanan menjadi faktor utama dalam memilih sepeda motor. Rantai sepeda motor haruslah tertutup agar aman untuk Anda ketika bepergian. Rantai yang terbuka cukup rawan bagi penumpang belakang jika tidak diperhatikan, khususnya saat membonceng istri atau keluarga yang mengenakan gaun panjang.

sepeda motor

Faktor kenyamanan juga perlu diperhatikan di sini. Sepeda motor matic nampaknya cocok untuk Anda maupun keluarga. Mesinnya mudah dihidupkan hanya dengan tombol starter.

Rantainya yang tertutup hingga kemampuannya menjelajah area menurun atau menanjak tanpa perlu mengalihkan gigi, membuat kendaraan jenis ini bisa menjadi alternatif sepeda motor yang cocok untuk keluarga.

Pijakan kaki motor matik sekarang banyak yang didesain lebih tinggi atau bertingkat. Untuk mengantar anak-anak tentu sangat cocok dengan pijakan kaki yang sesuai.

Kedua, pilihlah sepeda motor yang hemat bahan bakar. Motor yang hemat bahan bakar tentu akan membuat anggaran keluarga juga hemat.

Umumnya, sepeda motor keluaran terbaru sudah mendukung teknologi yang hemat BBM. perbedaan konsumsi bahan bakar antara satu merk dengan merk lain tidaklah jauh berbeda selama CC atau kubikasi mesin masih dikelas yang sama.

Kalau di masa lalu, memang konsumsi bahan bakar yang digunakan antara satu merk dengan merk lain dapat berbeda cukup jauh karena mesin sepeda motor masih menggunakan mesin 2 Tak dan 4 Tak.

Sekarang hampir semua sepeda motor eluaran terbaru menggunakan mesin 4 Tak dengan teknologi canggih dan standart mutu yang ketat, sehingga pemilihan sepeda motor yang irit lebih mudah dengan berpatokan pada kubikasi mesin yang digunakan.

Ketiga, gunakan sepeda motor yang memiliki ruang atau tempat untuk menaruh barang baik di bawah jok atau bagian depan. Barang yang digantung di bagian pegangan motor akan membuat Anda tidak konsen saat menyetir.

Khusus bagi anda yang sudah berkeluarga, tempat barang sangat penting keberadaannya ketika harus membawa barang yang cukup banyak.

Keempat, gunakanlah motor yang ringan dan mudah dikendarai. Motor yang ringan bobotnya tentu akan membuat anda nyaman menggunakannya.

Ukuran motor yang ringan untuk setiap orang pastilah berbeda, Sesuaikan motor yang ingin di gunakan dengan berat badan anda. Jangan sampai anda menggunakan motor berdesain kecil sedangkan berat badan anda tergolong besar, begitupun sebaliknya.

Kelima, Pilih type motor yang tepat, jika Anda termasuk tipe petualang atau menyukai balapan, maka motor sport atau motor trail layak dipilih untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jika anda termasuk orang yang lebih mementingkan fungsionalitas untuk menunjang aktifitas sehari-hari dan tidak ingin terlalu ribet urusan perawatan, motor matic mungkin bisa dijadikan pilihan. Karena motor Matic relatif lebih minim perawatan dari pada motor type Sport atau Bebek.


Tips Merawat Sepeda Motor

Kendaraan roda dua ini perawatan tidak serumit kendaraan jenis lainnya atau mobil pada umumnya. Meskipun demikian, sepeda motor harus pula dirawat dengan baik.

Perawatan sepeda motor harus memperhatikan kondisi rantai jika menggunakan rantai, roda, rem tangan (rem depan) atau rem kaki (rem belakang), velg, kondisi kelistrikan dan mesin.

Untuk motor jenis Matic anda harus selalu memperhatikan kondisi oli (baik oli mesin dan oli transmisi) dan juga Aki.

Khusus untuk Aki, anda harus benar-benar memperhatikan kondisinya, apalagi kalau sudah pakai sistem injeksi karena bisa saja mogok karena Aki Soak.

Untuk motor type Sport atau bebek, selain oli mesin, kondisi rantai juga perlu selalu di pantau. Stel kembali jika longgar, lumasi jika kering dan ganti jika sudah aus.

Perawatan sepeda motor bisa dilakukan sendiri, dan bisa juga di bengkel-bengkel motor. Lakukanlah perawatan secara berkala agar kemampuan mesin/motor tetap prima dan tidak mengalami gangguan.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment