Perlukah bawa Kamera atau cukup andalkan Smartphone saat liburan

Beberapa tahun yang lalu kita perlu membawa kamera untuk mengabadikan segala momen saat liburan.

Tapi seiring semakin canggihnya teknologi telepon genggam, semua Smartphone telah dilengkapi kamera yang memiliki kemampuan yang cukup baik dalam meng-capture segala momen saat liburan.

Jadi apakah perlu membawa kamera atau cukup dengan mengandalkan kamera smartphone saja saat berlibur ke suatu tempat?

Berbagai macam jenis kamera-khusus bisa saja menemani perjalanan liburan anda seperti kamera DSLR, kamera mirrorless, kamera pocket atau kamera Prosumer yang memiliki kualitas tangkapan yang cukup baik.

Sedangkan Smartphone dengan kamera berkualitas tinggi dapat di temukan pada smartphone Samsung Galaxy S7, Iphone 6s Plus, dan Huawei P9. Dengan dukungan aksesoris yang dapat memaksimalkan fungsi kamera smartphone seperti tripod, lensa tele for smartphone dan berbagai aplikasi pengolah gambar yang tersedia, membuat pilihan antara perlunya membawa dedicated-camera atau cukup mengandalkan kamera smartphone saat liburan menjadi semakin membuat bingung..

Berikut beberapa pertimbangan yang mungkin bisa dijadikan referensi apakah perlu membawa serta kamera-khusus atau cukup mengandalkan kamera smartphone saja saat pergi liburan


Alasan kenapa harus membawa kamera khusus saat liburan

Kualitas Gambar

Kamera smartphone umumnya belum mampu menandingi kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera sekelas DSLR atau Prosumer. Kamera sekelas prosumer memiliki kualitas gambar yang lebih baik. Jangan pertaruhkan kenangan liburan anda sirna karena hasil gambar yang tersimpan ternyata tidak terdokumentasikan dengan baik melalui kamera smartphone.


Pengambilan gambar saat gelap

Kemampuan kamera smartphone untuk pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya masih kurang jika dibanding kamera khusus, meskipun kamera smartphone telah dilengkapi LED untuk mengisi kekosongan cahaya tapi masih lebih baik Xenon flash yang dimiliki kamera digital. Mengingat liburan anda mungkin belum berhenti meskipun matahari telah tenggelam maka kamera-khusus akan sangat membantu mengabadikan momen saat malam menjelang.

sunset


Keleluasaan pengaturan

Kamera khusus memiliki banyak setelan yang dapat diatur sesuai kondisi seperti ISO, Aperture, dan Shutter speed meskipun begitu setelan otomatisnya pun cukup membantu menghasilkan gambar yang baik untuk para pemula sekalipun.


Fitur Teknis yang lebih lengkap

Ditambah lagi fitur optical-zoom kamera-khusus dapat dimanfaatkan untuk pengambilan gambar yang jauh. Sangat cocok jika anda liburan outdoor sehingga tidak kehilangan momen ketika ingin menangkap objek yang jauh dari jangkauan.

zoom

Fitur teknis seperti Viewfinder pada kamera juga dapat membantu memastikan pengambilan gambar sempurna ketika cahaya terlalu mengganggu. Meskipun tidak semua kamera-khusus menyediakan Viewfinder, namun keberadaannya sangat membantu disaat-saat tertentu

silau


Memory

Mengingat fungsi smartphone yang cukup luas membuat memory cepat penuh dengan berbagai macam file. Akan sangat menyebalkan ketika tiba-tiba popup yang menginformasikan memory penuh muncul saat sedang mengambil gambar dengan kamera smartphone.

Dengan kamera khusus anda dapat dengan mudah mengganti dengan memori cadangan jika memory utama telah penuh. Pada smartphone, anda tidak bisa begitu saja mengganti memori dengan yang baru saat memori utama penuh karena beberapa aplikasi mungkin saja tidak berjalan normal setelah mengganti memory.


Daya Tahan Bateray

Umur baterai smartphone jaman sekarang umumnya tidak bertahan lama, dikarenakan smartphone sangat “sibuk” melebihi pemiliknya. Bahkan saat stanby pun, dari mulai kegiatan mencari sinyal (gprs, 3G, HSPA, H+, H-, 4G), suara notifikasi dari berbagai aplikasi, proses update berkala, dan jangan lupa juga dengan iklannya, yang kesemuanya berpotensi menguras daya baterai.

Belum lagi jika anda menambah tugas berat kepada smartphone seperti mengambil gambar merekam momen langka, maka baterai smartphone akan semakin cepat terkuras. Memang bisa diatasi dengan melengkapinya dengan sebuah powerbank namun tentu cukup merepotkan.

Kamera khusus memiliki kemampuan daya tahan baterai yang cukup baik. Khususnya pada kamera yang telah dilengkapi dengan baterai rechargable. Meski begitu kamera dengan baterai AAA pun memiliki daya tahan yang baik dan bisa disediakan cadangannya bila perlu.

Salah satu yang perlu dipertimbangkan pula saat mencari kamera adalah tipe baterai yang digunakan pada kamera tersebut.

Baca Juga : Memilih kamera berdasarkan baterai yang digunakan


Alasan mengapa menggunakan kamera smartphone saat liburan

Kepraktisannya

Praktis. Satu kata yang tepat mengapa menggunakan kamera smartphone saat liburan adalah karena tidak mengganggu aktifitas selama liburan. Bayangkan anda membawa kamera DSLR, atau prosumer kesana kemari dengan tas khusus yang pastinya menambah beban bawaan.


Dapat menikmati suasana dengan santai

Anda dapat mengambil gambar detil kecil saat duduk santai di café sambil menikmati hidangan tanpa harus ribet mengeluarkan seperangkat berkakas kamera DSLR ketika hanya ingin mengabadikan semangkok salad yang tersedia diatas meja.


Sharing ability

Hal yang terpenting saat mengabadikan gambar melalui kamera smartphone adalah mengunggahnya ke berbagai sosmed untuk berbagi keteman diluar sana tentang aktifitas kita saat liburan. Dengan kamera smartphone anda langsung dapat membagikan hasil tangkapan anda seketika, hal yang tidak mungkin dilakukan ketika anda menggunakan kamera DSLR.

great food

Rekaman Video pun dapat langsung di share, meskipun kemampuan merekam video menggunakan smartphone mungkin masih jauh dibawah kamera-khusus terkait resolution atau kemampuan Zoom nya tapi sekali lagi kemampuan untuk edit dan share langsung dari smartphone, menjadikan kamera smartphone memiliki keunggulan.


Easy editing

Dengan bantuan berbagai aplikasi yang tersedia. Edit foto dapat dilakukan seketika melalui smartphone. Perubahan ringan seperti merubah kecerahan menambahkan emoticon atau perubahan kecil lainnya dapat dilakukan seketika tanpa bantuan perangkat lain seperti laptop atau komputer yang mungkin perlu dilakukan ketika menggunakan kamera DSLR


Akhirnya tidak ada jawaban yang benar-benar pasti apakah harus membawa kamera-khusus atau cukup dengan kamera smartphone saja saat liburan.

Untuk beberapa kondisi, membawa kamera khusus memungkinkan untuk mendapatkan qualitas gambar yang tajam. Tapi dengan perkembangan kamera smartphone dewasa ini sudah mampu mengakomodir keperluan mengabadikan momen liburan dengan kualitas gambar yang tidak mengecewakan.



0 Response to "Perlukah bawa Kamera atau cukup andalkan Smartphone saat liburan"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.