Lubang kecil di knalpot, cacat produk kah?

Knalpot sebagai salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi menyalurkan gas buang sisa pembakaran.

Tidak hanya menyalurkan gas buang, knalpot juga bertugas meredam suara bising dari hasil ledakan gas di ruang bakar sehingga memenuhi standar tingkat kebisingan yang di ijinkan.

Tapi tahukah Anda bahwa setiap knalpot memiliki lubang kecil di bagian bawahnya?

Lubang kecil ini berada di posisi terendah knalpot, apakah ini termasuk cacat produk atau memang ada maksud lain.

Anda tidak perlu khawatir jika menemukan lubang kecil di bagian bawah knalpot sepeda motor karena itu bukanlah cacat produk.

Lubang ini sengaja dibuat untuk tujuan tertentu, jadi anda jangan mengira bahwa lubang ini merupakan pertanda knalpot sudah mulai minta ganti.

fungsi lubang kecil dibawah knalpot

Salah satu fungsi dari lubang kecil di bagian bawah knalpot adalah sebagai saluran drainase sehingga cairan embun yang mungkin saja terjebak dalam knalpot bisa keluar dari saluran ini.

Air yang masuk kedalam knalpot bisa juga terjadi ketika motor diparkir ditempat terbuka dan kehujananan atau saat motor di cuci yang bisa saja semprotan water-canon tukang cuci motor menelusup masuk keknalpot.

Itulah sebabnya lubang kecil ini ditempatkan pada posisi terendah dari knalpot agar air yang masuk kedalam knalpot tadi bisa keluar dengan sendirinya.

Karena air yang terjebak dalam knalpot ini bisa saja menjadi penyebab korosi yang bermula dari dalam knalpot.

lubang dibawah knalpot

Mungkin ada yang berpendapat kalau air dalam knalpot ini bisa menguap ketika motor dipakai dan mulai panas, jadi seharusnya tidak perlu repot-repot dibuatkan lubang tersebut.

Ada benarnya juga sih kalau dipikir-pikir, tapi masalahnya tidak semua motor memiliki jam terbang tinggi.

Ada motor yang hanya dipakai sesekali kalau lagi pengen, ada juga yang dipakai hanya di pagi hari buat ke pasar dan itupun hanya dua kali seminggu.

Apalagi kalau motor yang jarang-jarang dipakai tersebut berdomisili di daerah pegunungan yang dingin dan sering berembun.

Meskipun tidak sampai berpengaruh pada performa mesin secara signifikan, sebaiknya jangan pernah berpikir untuk menutup lubang kecil dibawah knalpot ini apalagi hanya buat gaya-gayaan.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment