MAU update OS android? Baca ini dulu

Suatu waktu ketika Android meluncurkan update versi terbarunya, mungkin anda juga ingin merasakan perubahan yang di sematkan dalam sebuah versi terbaru dari OS android.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengambil keputusan untuk mengupdate OS ponsel android.

Anda harus mempersiapkan ponsel atau tablet anda di beberapa sektor sebelum mendownload OS androdi versi terbaru.

Untuk perangkat keluaran lama, mengupdate ke OS terbaru harus melalui proses yang berbeda dibanding handphone keluaran terbaru.

update OS android

Berikut hal-hal yang perlu di ketahui sebelum mengupdate versi android ke yang lebih baru.

Cek Versi

Pertama cek versi apa yang digunakan pada smartphone anda. Pada kebanyakan ponsel, Informasi ini dapat dilihat dari menu Setting kemudian cari bagian menu About Phone, disitu mungkin anda hanya menemukan informasi versi android dalam angka.

Dalam menu About Phone tersebut juga bisa di ketahui model number dari ponsel, yang bisa digunakan sebagai sumber referensi bagaimana mengupdate smartphone yang anda miliki.

Untuk ponsel buatan Google seperti Google Nexus, anda akan mendapat notifikasi setiap kali ada update OS terbaru langsung dari Google tanpa intervensi dari Operator. Dan anda akan mendapat pemberitahuan akan terkait update terbaru dalam beberapa hari pertama peluncuran OS.

Tapi jika anda memiliki perangkat Non-Nexus anda mungkin perlu menunggu sedikit lebih lama untuk mengupdate setelah update terbaru dirilis.

Semakin tua perangkat anda, semakin lama anda harus menunggu rilisan update terbaru untuk type ponsel anda. Atau mungkin saja anda tidak akan menerima update sama sekali, hal ini berlaku juga untuk perangkat kelas Low-End.

Untuk sebagian besar Smartphone Android , anda dapat memeriksa pembaruan sistem melalui menu “Pengaturan”.


Back Up

Sebelum melakukan update OS, pastikan untuk mem-Back Up semua data anda, kalau-kalau ada yang tidak beres dengan proses pembaruan.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mencadangkan data anda secara berkala. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan ini selain aplikasi bawaan Operating System tentunya.


Periksa ruang penyimpanan

Saat anda mencadangkan data di smartphone anda, sempatkan untuk melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa pada perangkat anda.

Anda mungkin terpaksa harus membersihkan dan menghapus beberapa aplikasi, gambar, mp3, dan file lainnya untuk memberi sedikit ruang. Android biasanya menguraikan berapa banyak ruang yang anda butuhkan untuk mendownload pembaruan.


Koneksi

Proses pembaruan menggunakan paket data untuk mendownload paket update. Anda mungkin ingin melakukan nya melalui jaringan Wi-Fi untuk menghemat kuota.

Pastikan jaringan yang anda gunakan sudah cukup aman, jika anda tidak yakin dengan jaringan wifi yang ingin digunakan sebainya anda membeli paket internet promo dari operator meskipun harus begadang karena kuota melimpahnya biasanya di alokasikan pada jam “pocong”.


Rooting

Jika anda menginginkan OS terbaru segera setelah diluncurkan sementara produsen ponsel anda belum merilis OS terbaru, anda dapat selalu memilih untuk me-root smartphone yang memungkinkan anda dapat mengakses pembaruan saat diinginkan.

Dengan begini anda bisa mengupdet ponsel anda lebih cepat tanpa harus menunggu rilisan resmi dari produsen untuk update terbaru yang diluncurkan khusus type ponsel anda.

Tapi proses Rooting cukup beresiko dan anda harus paham dengan resioko tersebut. jika anda tidak yakin sebaiknya serahkan pada ahlinya.

Please Share Artikel "MAU update OS android? Baca ini dulu" ini :)

0 Response to "MAU update OS android? Baca ini dulu"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.