Mengatur dan menghapus Default Apps Android

Berapa banyak aplikasi yang anda miliki dalam smartphone anda? Kemungkinannya cukup banyak hingga anda tidak bisa menghitungnya dengan kedua jari tangan.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada di ponsel android, berapa banyak yang paling sering digunakan sebagai aplikasi default ketika anda mengetikan sebuah URL misalnya.

Smartphone anda mungkin memiliki beberapa aplikasi yang bisa dipilih untuk membuka file, menonton video, memutar lagu, membuka link web dan lain-lain.

Misalnya ketika anda ingin membuka foto, anda memiliki pilihan untuk menggunakan Galerry atau aplikasi gambar lain yang telah anda unduh dengan opsi “Always” atau “Just Once

Jika anda memilih “Always” maka aplikasi tersebut adalah Defaultnya untuk membuka file gambar kedepannya. Tapi bagaimana jika tiba-tiba anda berubah pikiran dan ingin merubahnya dengan aplikasi lain. Jangan khawatir, itu hak prerogatif anda.

Menghapus, merubah atau mengatur aplikasi default sesuai keinginan anda

Anda bisa membersihkan aplikasi default dengan cara yang relatif mudah dan cepat, tapi ini tergantung perangkat yang anda gunakan dan versi operating system yang dipakai.

Sebagai contoh di handphone Samsung Galaxy S6 dengan android marshmallow sebagai otaknya. Disitu terdapat pengaturan yang dikhususkan untuk mengatur Default Apps.

Buka menu setting kemudian tap Applications dan anda akan menemukan Default Apps yang telah anda pilih. Anda tinggal menghapusnya satu per satu.

Pada versi Android Lollipop atau sistem Android pada umumnya, prosesnya sedikit berbeda. Anda dapat menavigasi ke menu aplikasi pada setelan tapi tidak dapat menemukan daftar aplikasi yang digunakan sebagai default.

Sebagai gantinya anda dapat melihat semua aplikasi dalam daftar dan anda dapat menelusurinya satu persatu untuk mengetahui mana yang menjadi aplikasi default, ini jelas membosankan. Jadi jika anda tidak tahu aplikasi default anda maka anda tidak akan tahu mana yang harus dirubah.

Ketika anda sudah masuk ke setelan aplikasi, anda akan melihat bagian “open by default” yang dibawahnya terdapat keterangan ‘no default set” atau “some default set”, ketuk pada bagian keterangan tersebut dan anda akan melihat informasi lebih spesifik.

Please Share Artikel "Mengatur dan menghapus Default Apps Android" ini :)

0 Response to "Mengatur dan menghapus Default Apps Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.