6 Cara Ampuh Membuka Android Yang Terkunci dan Lupa Pola

Mengamankan Android melalui kunci layar dapat dilakukan dengan PIN, Password, pola kunci, dan lain-lain.

Tapi terkadang kita tiba-tiba lupa dengan PIN, Password, atau pola yang digunakan untuk mengamankan ponsel tersebut.

Saat genting seperti ini tiba-tiba muncul pesan penting dari si BOS Besar yang kebetulan potongan pesannya muncul di notifikasi pada layar.

Sementara Ponsel terkunci pesan masuk dari Bos di awali kata AWAS!!, bikin semakin deg-degan. Atau Undangan Dinner dari Nikita Willy yang hanya terlihat "Yuuk Dinner di...." Dimana dan kapannya tidak terlihat, bikin semakin Panas-Dingin.

Jadi bagaimana solusinya?

Tenang saja, anda tidak perlu panik. BERIKUT 6 cara AMPUH membuka Android yang terkunci karena lupa pola, PIN, atau Sandi.

Cara Membuka Android Yang terkunci dan Lupa Pola kunci, Password, atau PIN.


1. Gunakan Metode Forgot Password

Syaratnya :
  • Ponsel harus terhubung Internet. 
  • Ingat akun Gmail dan password yang dipakai pada android yang terkunci tersebut. 
  • Cara ini hanya bisa diterapkan untuk lupa Pola. 
Caranya :

Anda perlu melakukan 5 kali percobaan membuka Pola Kunci hingga opsi Forgot Password/Lupa Pola muncul di bagian bawah layar.

Fitur forgot password tersebut juga tidak akan langsung muncul. Sobat harus mencoba pola sebanyak 5 kali, baru fitur tersebut muncul.

Selanjutnya Anda akan disuguhkan tampilan untuk memasukan akun Gmail dan Password yang dipakai di handphone tersebut.

Jika akun gmail yang anda masukkan sesuai dengan yang ada di ponsel maka kunci pola akan terbuka dan ponsel bisa digunakan lagi. Segera Non-aktifkan kunci pola agar anda tidak terkunci lagi.


2. Telepon menggunakan Hape lain

Syaratnya :
  • Ponsel yang buat nelepon harus ada pulsanya
Caranya :

Hubungi ponsel yang terkunci tersebut menggunakan ponsel lain, Begitu telepon masuk di ponsel yang terkunci tadi, angkat telepon tersebut tapi jangan ditutup. Selama panggilan berlangsung tekan tombol "HOME". Langsung buka Pengaturan dan Non-aktifkan kunci pola.


3. Manfaatkan Android Device Manager

Syaratnya :
  • Cara ini bisa diterapkan jika anda sudah mengaktifkan dan mengatur Fitur Android Device Manager.
Caranya :

Android device manager biasanya digunakan untuk menemukan smartphone android yang hilang dengan cara mengetahui lokasi terakhir dari android tersebut.

Cara mengatasi lupa pola dengan android device manager adalah lewat halaman web android device manager dan Login dengan menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun pada samrtphone yang lupa pola tadi.

Anda bisa membuka halaman Android device manager lewat komputer atau pinjam handphone tetangga. Tapi mungkin akan lebih nyaman jika menggunakan komputer.

Setelah berhasil Login, android device manager akan secara otomatis mendeteksi keberadaan android anda. Jika memang belum terdeteksi, refresh berulang-ulang hingga ponsel terdeteksi.

Jika sudah terdeteksi maka akan muncul Pop-up berisi informasi lokasi terakhir ponsel android anda dan di bawahnya terdapat pilihan Deringkan, Kunci, Hapus. Pilih opsi "Kunci".

Maka Anda akan di hadapkan pilihan untuk mengganti "kunci layar" dengan "Kunci Sandi". Cara ini akan mereset Pola Kunci dan menggantinya dengan Pola Sandi yang telah anda buat.

Jika sudah, coba bika ponsel anda menggunakan sandi yang baru saja anda buat tersebut..


4. Samsung Find My Mobile

Syaratnya :
  • Ponsel Anda merk Samsung
  • Anda sebelumnya sudah pernah mendaftarkan android menggunakan akun Samsung.
Caranya :

Sebenarnya ini mirip dengan android device manager. Tapi yang ini khusus bagi pengguna ponsel buatan Samsung..

Caranya tidak jauh berbeda dengan mengatasi lupa pola lewat Android Device Manager. Tapi di Samsung Find My Mobile telah ada fasilitas untuk "Unlock my Screen".

Jadi bagi pengguna ponsel samsung bisa memanfaatkan fitur samsung find my mobile ini.

Langsung saja masuk ke samsung find my mobile. lalu klik pilihan "Unlock my screen" dan layar ponsel pun otomatis terbuka.


5. Factory Reset Android

Syaratnya :
  • Backup semua data penting
  • Kapasitas baterai mencukupi (>50%)
  • Merelakan android kembali ke setingan pabrik.
Caranya :

Ini cara terakhir jika semua langkah diatas tidak berhasil membuat layar ponsel terbuka. Cara ini bisa mereset kunci pola layar tapi juga bisa menghapus data yang ada di memory internal.

Sebenarnya ini seperti pekerjaan membasmi seekor tikus dengan membakar se lumbung-lumbungnya.
Tapi kalau memang sudah tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengatasi lupa pola, terpaksa inilah jalan terakhir dan mungkin saja pesan dari si BOS tidak ikut terbackup.

Sebelum melakukan Factory Reset, sebaiknya backup terlebih dahulu semua data, khususnya yang ada di memori internal.

Melakukan Factory reset di kondisi normal bisa dilakukan melalui menu "pengaturan", tapi karena kasusnya kali ini kita "terkunci diluar" tidak bisa masuk ke menu, maka terpaksa harus matikan ponsel terlebih dahulu.

Setelah ponsel mati, nyalakan lagi ponsel dengan menggunakan kombinasi tombol untuk masuk ke menu recovery.


6. Service Center/Konter terdekat

Syaratnya :
  • Anda sudah bosan dengan ponsel tersebut
  • Siapkan dana secukupnya
Caranya :

Kalau semua cara diatas tidak ada yang berhasil, pilihan paling terakhir setelah yang terakhir adalah membawa ponsel ke service center, mungkin ponsel anda ada Jin-nya :D:D :D. Tapi serius, cara ini bisa anda ambil ketika anda tidak yakin bisa melakukannya sendiri atau tidak cukup waktu untuk mengutak-atik ponsel yang terkunci tersebut.

Atau jika anda sudah bosan dengan ponsel yang dipakai sekarang, langsung saja banting stir ke Konter hape, tukar tambah hape anda dengan yang baru dan pastikan ponsel yang dibeli, pola kunci layarnya belum di setting. Tapi pesan Mesra dari Nikita Willy yang masuk di ponsel lama tidak bisa anda baca dan mungkin jadi konsumsi pemilik konter ponsel.


Itulah 6 cara Ampuh Mengatasi Android yang terkunci karena lupa Pola, PIN, Sandi dll. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan anda terkait kunci layar android.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment