Smartphone, Gadget "wajib" masa kini


Smartphone adalah ponsel canggih yang memiliki fungsi tambahan selain fungsi utamanya membuat panggilan telepon dan mengirim pesan teks.

Sebagian besar Smarphone sudah memiliki kemampuan untuk menampilkan foto, memutar video/musik, memeriksa dan mengirim email serta menjelajahi web.

Smartphone modern yang berbasis iPhone dan Android dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga. Dengan penambahan berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store/App Store, membuat ponsel jaman now memiliki fungsionalitas tak terbatas.

Pada awalnya, ponsel pintar umumnya digunakan oleh pengusaha ataupun esekutif muda untuk mendukung aktifitasnya sehari-hari dalam mengelola serta menyelesaikan segala tugas, dan menjalin komunikasi bisnis dimanapun berada.

Namun berkat kemajuan teknologi, smartphone semakin banyak pilihannya dengan rentang harga serta ukuran yang beragam sehingga siapapun dapat memilikinya.

Beberapa waktu silam, RIM Blackberry sempat merasakan manisnya mendominasi pasar Smartphone selama bertahun-tahun.

Namun ketika hadir ‘robot hijau’ yang di gagas raksasa Internet yaitu Google, perlahan-lahan Smartphone Blackberry mulai ditinggalkan dan banyak pengguna yang mulai beralih ke Smartphone berbasis Android. Meskipun begitu, Blackberry tidak serta merta ditinggalkan penggemarnya hingga sekarang.

Karena Smartphone jaman sekarang memiliki banyak fungsi, ia membutuhkan perangkat lunak tingkat lanjut yang harus selalu di update secara berkala seperti layaknya sistem operasi komputer.

Perangkat lunak di smartphone bertugas menangani panggilan telepon, menjalankan aplikasi, dan menyediakan opsi konfigurasi sesuai kebutuhan pengguna.

Sebagian besar smartphone sekarang menyertakan beragam koneksi seperti bluetooth, wifi, dan USB, yang memungkinkan pengguna untuk menyingkronkan data dengan komputer dan memperbarui perangkat lunak smartphone mereka.

Smartphone

Smartphone merangkum semua perangkat menjadi satu, dari mulai Kamera, Music Player, Voice recorder, Game Console, GPS, hingga fungsi sebuah Komputer bisa ditemukan dan dijalankan dalam sebuah smartphone.

Dengan kemampuannya yang bisa berfungsi dan bisa difungsikan untuk berbagai keperluan tersebut, tak berlebihan jika Smartphone merupakan gadget wajib masa kini.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment