Pertolongan Pertama mengatasi Handphone masuk air


Mengatasi handphone masuk air harus segera dilakukan untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir kerusakan pada ponsel android.

Handphone bisa mengalami keadaaan tragis yaitu masuk ke dalam air, entah itu air di bak mandi, air kolam, air sungai atau air laut.

Keadaan tercebur kedalam air pun bermacam-macam, bisa tercebur sendiri karena kesalahan pemilik yang mengantonginya di saku baju atau tercebur bareng bersama pemiliknya saat terpeleset melewati kubangan banjir semata kaki.

Handphone merupakan barang elektronik yang rentan terhadap cairan. Meskipun beberapa tipe handphone didesain anti air hingga kedalaman beberapa meter, tapi itupun tidak menjamin handphone akan terbebas dari rusak ketika tercebur kadalam air.

Pertolongan Pertama mengatasi Handphone masuk air

Jika sebuah Smartphone jatuh kedalam air, Hanya dua kemungkinan yang bisa terjadi, dan itu bisa tergantung pada tindakan saat detik-detik pertama ponsel terendam air.

1. Kemungkinan pertama, ponsel akan mengalami kerusakan

Jika Smartphone tercebur kedalam air dalam kondisi nyala dan terendam cukup lama, entah karena posisinya sulit diambil atau terendam terlalu dalam, maka bisa dipastikan 90% kemungkinan handphone tersebut akan mengalami kerusakan.

Komponen listrik dalam smartphone android otomatis akan mengalami konslet karena adanya cairan yang menyusup kedalamnya.

Apalagi jika ponsel terendam air laut dan cukup lama, karena air laut lebih korosif dan lebih merusak ketimbang air tawar..


2. Kemungkinan kedua, ponsel akan tetap bisa berfungsi Normal

Jika smartphone android terendam tidak terlalu lama katakanlah antara 5-10 detik dengan kedalaman tidak sampai 50 Cm kemungkinan smartphone tersebut masih bisa hidup normal, ASAL-kan penanggulangannya tepat dan cepat.


Pertolongan pertama untuk mengatasi Handphone yang masuk kedalam air agar dapat berfungsi normal.

1. Cepat Angkat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi handphone masuk kedalam air adalah CEPAT ambil, jangan tunggu foto selfie dulu dan di upload ke sosmed.

Momen yang hanya beberapa detik ini akan menjadi penentu kelangsungan hidup ponsel android anda, lambat sedikit saja maka air akan semakin banyak menyusup masuk kedalam smartphone melalui lubang yang ada di sekitar bodi ponsel seperti lewat lubang chargher, lubang speaker, sela-sela tombol, atau sambungan antara casing ponsel.

Semakin lama ponsel terendam semakin berkurang persentase bisa selamat, Jadi kalau handphone masuk kedalam air CEPAT AMBIL!!!.


2. Jangan di guncang

Tapi INGAT, setelah berhasil diambil, Jangan mengguncang-guncangkan atau membolak-balik handphone, karena hanya akan membuat air yang telah masuk kedalamnya menyebar merata keseluruh komponen ponsel.

Sebaiknya tegakkan ponsel dengan arah port earphone, lubang charger atau lubang USB menghadap kebawah agar air yang terlanjur masuk bisa mengalir keluar.


3. Lepas Baterai

Setelah handphone diangkat dari dalam air, langsung lepas baterai, SIM card dan memory. Langkah ini harus segera dilakukan untuk mengatasi handphone masuk air.

Kalau Handphone anda termasuk yang menggunakan baterai non-Removable, terpaksa anda hanya bisa mencoba mematikannya melalui tombol power dan berharap Smartphone Android anda baik-baik saja. Biasanya smartphone dengan baterai non-removable lebih kedap air. #semoga.

Baterai non-removable berbeda dengan baterai removable, perlakuannya ketika handphone non-removable baterai masuk air pun berbeda.


4. Lepaskan Casing

Lepaskan casing handphone, tapi ini perlu peralatan dan pengetahuan khusus. Jika anda tidak yakin dengan yang anda lakukan atau handphone anda masih dalam masa garansi apalagi kalau ponsel anda termasuk type yang anti air hingga kedalaman tertentu, sebaiknya bawa ponsel ke service center dan ceritakan kondisinya.

Tapi jika anda merasa bisa membuka casing handphone tersebut dan ponsel sudah lewat masa garansi serta bukan termasuk ponsel anti air maka anda bisa melepas semua Casing ponsel hingga ke rangka utama dan melepas mainboard sekalian.


5. Keringkan Ponsel

Dengan kondisi ponsel yang sudah terpisah bagian per bagiannya ini maka akan lebih mudah membersihkan air yang terjebak didalamnya.

Bersihkan air yang menempel di komponen ponsel menggunakan kain lap kering dan bersih. Setelah yakin semua bersih, Angin-anginkan komponen ponsel untuk membuatnya kering, jangan di jemur langsung dibawah sinar matahari.

Anda bisa gunakan kipas angin, Hair dryer, atau Angin buangan AC hingga komponen ponsel benar-benar kering tidak lembab.

Dan untuk lebih memastikan ponsel benar-benar kering, anda bisa merendam komponen ponsel tersebut tadi kedalam beras selama semalam.

Ambil wadah yang cukup untuk meletakan komponen ponsel, Kartu SIM, Memori, dan baterai, Speaker, dinamo getar, dll. Kemudian tuangkan beras untuk menimbun komponen ponsel tadi dan biarkan selama 1x24 jam.

Proses pengeringan ini menjadi penentu akan keberhasilan upaya menyelamatkan ponsel akibat terendam air. Jadi anda harus benar-benar telaten dan sabar dalam proses ini, apalagi jika ponsel anda baru saja terendam kedalam air laut.

Karena air laut bersifat korosif dan efeknya tidak langsung terasa saat itu juga, bisa jadi sebulan pasca posel terendam air laut baru mulai terlihat dampaknya (mulai berkarat), jadi harus benar-benar di bersihkan dengan seksama. Kalau perlu gunakan cairan khusus untuk memastikan komponen ponsel benar-benar bersih.


6. Hidupkan Ponsel

Setelah yakin komponen ponsel benar-benar kering dan tidak ada kandungan air didalamnya, maka rakit kembali ponsel ke kondisi semula. Rakit dengan teliti jangan sampai ada yang ketinggalan satu baut pun. Pasang juga SIM card, memori, serta baterai dan charge ponsel hingga penuh.

Jika saat di charge, ponsel anda menampilkan indikator proses charging di layar, berarti kemungkinan besar ponsel anda bisa berjalan normal. Tunggu hingga proses charge mencapai 100% kemudian nyalakan ponsel sambil tidak lupa berdoa.

Tapi jika ternyata saat di charge, ponsel anda tidak menampilkan apa-apa di layar maka anda perlu mulai khawatir. Bisa jadi ada komponen yang tidak terpasang dengan benar atau ponsel anda telah mengalami kerusakan akibat terendam air.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment