Penyebab Smartphone Android Cepat Panas


Panas yang dihasilkan oleh smartphone adalah wajar tapi kalau panasnya terlalu cepat dan terlalu tinggi maka perlu di analisa apakah penyebabnya.

Beberapa penyebab umum sering kali menjadi asal muasal kenapa smartphone android yang anda gunakan lebih cepat panas dari pada milik kawan anda.

Berikut ini 5 penyebab umum mengapa Smartphone cepat panas.

#1. Baterai

Kerusakan baterai bisa sangat berpengaruh terhadap kinerja ponsel yang akhirnya bisa menjadi penyebab ponsel anda cepat panas.

Penggunaan smartphone saat di charge lewat charger ataupun lewat powerbank akan mempengaruhi kualitas baterai karena baterai akan bekerja ekstra keras dengan suhu yang tinggi dalam waktu lama.

* solusinya;
Ganti baterai smartphone dengan yang baru dan berkualitas Ori. Hindari pengunaan smartphone sambil di charge apalagi kalau menggunakan powerbank.


#2. Multitasking

Fitur ini memang menjadi unggulan smartphone, tapi kalau keseringan di pakai Multitasking atau menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan maka otomatis ponsel akan cepat panas karena kinerja hardware sangat tinggi.

* solusinya;
Terlalu banyak aplikasi yang berjalan akan sangat membebankan hardware, jadi kurangi aktifitas multitasking dan matikan aplikasi yang tidak perlu yang berjalan terus di belakang layar, bisa dengan bantuan aplikasi cleaner bila perlu.



#3. Malware

Android adalah sistem operasi terbuka (open source), walaupun "open susi" bukan berarti system Android terbebas dari malware. malware yang aktif secara ugal-ugalan dalam smartphone akan memberatkan kinerja hardware. Jika sudah begini maka ponsel akan cepat panas dari biasanya meskipun tidak sedang aktif dipakai.

* solusinya;
Instal aplikasi anti malware dan lakukan scan berkala



#4. Jaringan

Proses searching jaringan yang terus menerus tiada henti merupakan kerja berat bagi smartphone. Melacak posisi GPS, mencari sinyal, adalah pekerjaan yang terus dilakukan sebuah smartphone dimana pun dia berada. Ketika sinyal sulit didapat maka semua aplikasi yang teriinstal akan loading/reload berulang-ulang. Jika ini berlangsung dalam waktu lama maka smartphone akan mudah panas.

* solusinya;
Matikan saja koneksi internet jika sedang berada di daerah "sunek" (susah konek). Selalu gunakan layanan provider terbaik di kota anda.



#5. Kotoran

Debu yang terakumulasi pada bagian-bagian smartphone dapat menghambat sirkulasi udara yang berfungsi mengalirkan hawa panas dari dalam ponsel.

Karena hawa panas tidakbisa keluar karena terhalang oleh otoran dan debu maka otomatis samrtphone akan mudah panas.

* solusinya;
bersihkan secara berkala smartphone anda, dan jika memungkinkan, hindari atau minimalisir kemungkinan smartphone terkena debu saat disimpan dengan meletakannya dalam pocket khusus ponsel.



Itulah 5 penyebab smartphone android cepat panas. Sebenarnya perkara panas pada smartphone itu wajar tapi kalau panasnya sudah tidak wajar maka perlu segera di cari tahu penyebabnya agar smartphone awet. Semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment