Kenali Ciri Spare Part palsu biar gak keTipu

Perawatan kendaraan tidak terlepas dari urusan Ganti mengganti, sebut saja untuk urusan berkala yang rutin dan wajib seperti Ganti Oli.

Saat umur kendaraan semakin beranjak "dewasa" mulai suka jajan dan tidak cukup hanya sekedar ganti Oli, dia pun minta ganti filter, agak tuaan lagi - mulai minta ganti kampas rem, ganti busi, ganti filter udara, dst, dsb.

Urusan Ganti memang tidak sulit, cukup datang ke bengkel bilang "bos... mesin minibus gw ganti dengan mesinnya RX7 yaa, ntar sore gw ambil".

Yang penting duit di kantong, semua gak jadi masalah.

Tapi saat Ganti-mengganti spare part kendaran, sebaiknya kenali juga mana yang asli dan mana yang palsu biar gak ketipu.

Sebenarnya para pemilik bengkel spare part pasti akan menawari konsumennya dengan berbagai pilihan spare part berdasarkan tingkatannya sesuai harga, sehingga konsumen bisa menentukan budget yang pas untuk urusan ganti mengganti part kendaraannya.

Karena kita tahu kalau spare part itu ada yang Ori, OEM, KW Super, KW 1-2-3 dst. Tapi ada juga oknum bengkel yang menjual spare part palsu tapi bilangnya asli.

"wah, palsu ini."kata pembeli
"Asli ini mas."ujar penjual berusaha meyakinkan
"Asli dari Hongkong, hologramnya aja pudar gini."ucap pembeli tampak ragu
"hlah emang masnya cari yang Asli mana... ??"
"Yaa yang Asli dari pabriknya-lah."
"Hlah ini Part Asli mas, pabriknya memang ada di Hongkong."
"??@**@!!" pembeli pun berlalu sambil garuk-garuk

Ciri Spare Part palsu biar gak keTipu otonao

Untuk menghindari dapat barang palsu anda perlu mengenali ciri-cirinya.

Merk Terkenal

Saat membeli part buatan Merk ternama sebaiknya behati-hati. Karena barang yang di palsu biasanya adalah barang yang laris di pasaran dan dari merk terkenal.

Jadi anda perlu teliti ketika membeli part Asli buatan merk terkenal apalagi yang part aftermarket.


Harga Murah

Jika part yang ingin anda beli ternyata lebih murah hingga 40-50% dari harga pasarannya maka anda perlu berhati-hati jangan-jangan barang KW dijual dengan label asli.

"asli inih koh.?"
"asli donk." jawab kokoh penjual spare part
"kok murah???"
"yaa... kalau mau bayarin lebih mahal juga gpp"
"#@$&!!??"pembeli pun pulang tanpa pamit


Kemasan Meragukan

Setiap barang Asli biasanya dikemas dengan baik. Kemasannya pun tidak sembarangan. Dan biasanya untuk produk asli, dilengkapi hologram dan segel untuk memastikan keaslian produknya.

Pastikan part yang akan anda beli di kemas dengan baik dan memiliki kemasan dengan warna yang solid tidak buram atau berbayang.


Material part tidak meyakinkan

Barang Palsu dibuat dengan nilai efisiensi yang sangat tinggi hingga ke pilihan bahan pembentuknya. Proses pengerjaan yang tidak di finishing dengan baik akan menjadi pertanda bahwa barang tersebut adalah palsu.

Terkadang beberapa part tampil dengan bentuk yang tidak meyakinkan dan tampak ringkih tidak kokoh.

Karena kalau barang Asli pasti telah melewati Quality Control yang ketat untuk menghasilkan Spare Part yang sempurna dan presisi.


Itulah cara mengenali spare part asli atau palsu, meskipun kita tau memang di dunia otomotif ada part Asli dan Palsu yang biasa kita kenal dengan istilah imitasi atau barang KW.

Tapi seyoganya kita mendapatkan barang yang sesuai dengan statusnya. Jangan sampai kita membeli part palsu dengan harga Asli. Kalau beli Part imitasi harga murah kan wajar. Tapi kalau bisa dapat part Asli harga imitasi, yaa rejeki.

Untuk menghindari dapat barang palsu, sebaiknya lakukan penggantian Spare Part di Bengkel Resmi. Memang sih agak mahal tapi kualitas terjamin daripada kena barang palsu, belum pakai seminggu malah rusak lagi, kan ongkos servis malah jadi double dua.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment