Cara menghidupkan mobil yang akinya SOAK

Aki mobil bisa tiba-tiba soak karena berbagai alasan seperti altenator yang tidak berfungsi maksimal atau lupa matikan lampu saat parkir.

Saat aki soak, otomatis mobil tidak bisa dihidupkan karena aki tidak kuat memutar dinamo starter.

Pada kondisi seperti ini, ada dua jalan yang bisa di tempuh untuk menghidupkan mesin mobil.

1. Didorong

Cara menghidupkan mobil yang akinya soak dengan metode ini sangat praktis karena tidak perlu peralatan tambahan dan tidak perlu membuka kap mesin.

Caranya adalah dengan memposisilkan kontak ke ON lalu masukan gigi dan injak kopling, kemudian beberapa orang mendorong dari belakang hingga mobil mencapai kecepatan yang cukup.

Saat mobil meluncur cukup cepat, efek dari doronagn beberapa orang tadi, langsung lepas kopling sambil menginjak sedikit gas bila perlu hingga mesin menyala.

Untuk meringankan yang dorong dan memudahkan mesin hidup, saat melepas kopling bisa bantu dengan menyalakan double starter.

Situasi yang perlu di perhatikan saat menghidupkan mobil dengan mendorong adalah kondisi jalan.

Kalau kondisi jalan mendatar sebaiknya gunakan gigi 3, sebenarnya bisa juga gigi 1 atau 2 karena torsi nya melimpah dan mudah memancing pergerakan piston. Tapi mobil akan sangat berat didorong.

Jika relawan lumayan banyak bisa pakai gigi 1 atau 2, tapi kalau sedikit (hanya 2 orang) pakai gigi 3 saja sudah cukup.

Jalan yang lengang juga harus menjadi perhatian, jangan mencoba menyalakan mobil dengan metode didorong jika jalanan sangat ramai dan padat.

Untuk kondisi jalanan yang terlalu ramai sebaiknya anda lebih memilih metode Jumper untuk menghidupkan mobil yang akinya soak.

menghidupkan mobil dengan cara di dorong


2. Di Jumper

Cara menghidupkan mobil yang akinya soak bisa dengan men-jumper. Cara ini lebih mudah karena tidak perlu banyak orang yang terlibat didalamnya. Dan bisa dilakukan di tempat sempit sekalipun tanpa harus mencari area lapang untuk menghidupkan mobil.

Tapi perlu mencari mobil donor yang mau menjadi sumber daya sementara untuk menghidupkan mobil dan perlu dilakukan dengan teliti dan HATI-HATI.

Anda juga perlu menyediakan kabel Jumper. Kabel jumper lumayan mahal, harganya antara puluhan ribu hingga ratusan ribu dan tidak semua mobil keluarga menyediakan kabel jumper sebagai peralatan emergency.

Mobil-mobil yang membawa kabel jumper biasanya mobil Travel, angkutan umum / angkot, Bus atau mobil angkutan barang seperti Truk.

Jadi saat anda meminta bantuan melalui opsi “Call a friend”, pastikan dia memiliki / membawa kabel Jumper sekalian.

Pastikan juga tegangan aki mobil yang dimintai pertolongan sama dengan tegangan aki mobil anda. Artinya jika mobil anda menggunakan aki 12 Volt, jumper dengan aki 12 Volt juga.

Pastikan semua perangkat yang membutukan daya listrik di mobil anda sudah dimatikan seperti AC, Tape, Lampu-lampu, dll.

Untuk Cara jumpernya cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungkan kedua aki secara paralel, positif aki donor ke positif aki mobill yang soak dan negatif ke negatif.

Nyalakan mobil seperti biasa, setelah mesin mobil menyala biarkan sejenak lalu cabut kabel jumper dengan hati-hati jangan sampai konslet atau menyentuh kipas radiator.

Biarkan mesin mobil anda menyala sambil merapikan dan menutup kap mesin, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pemilik mobil yang memberi bantuan. Kalau ada rejeki, bolehlah kasih sedikit sebagai tanda terima kasih.

Kecuali jika yang memberi bantuan adalah teman dekat, yaa cukup ajak ngopi di warkop pinggir jalan, gak perlu warkop yang pakai bonus pangku-pangkuan. #pamali.

Jika mobil anda tidak bisa distarter karena aki soak dan lokasinya masih di tempat ramai, coba cari bengkel terdekat dan pinjam kabel jumper beserta akinya sekalian untuk menghidupkan mobil anda.

Biasanya bengkel pinggir jalan punya persediaan aki atau ada aki klien yang sedang di charge dan bisa dipinjam sejenak untuk membantu anda menghidupkan mobil yang akinya soak.

Setelah mobil berhasil hidup, anda bisa memberi sedikit ketebelece sebagai tanda terima kasih atau sesuai kesepakatan, Fair enough.

Please Share Artikel "Cara menghidupkan mobil yang akinya SOAK" ini :)

0 Response to "Cara menghidupkan mobil yang akinya SOAK"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.