Motor Bahan untuk modif Cafe Racer

Untuk urusan modifikasi memang tidak ada batasnya, Motor apapun bisa di modif jadi apapun kalau mau.

Tapi ketika berniat ingin memodifikasi sebuah sepeda motor kedalam aliran tertentu hendaklah menyesuaikan basik-nya agar gubahan yang dilakukan tidak terlalu banyak yang akan berpengaruh dengan ongkos modifikasi.

Salah satu aliran modifikasi yang lumayan banyak diminati adalah aliran Cafe Racer ala-ala motor balap jaman dulu.

Motor ini mempunyai ciri khas salah satunya adalah pada bentuk frame atas yang berupa garis lurus. Berbeda dengan motor balap jaman sekarang yang identik dengan bentuk nungging biar streamline.

Mengingat desainnya yang khas tersebut maka ada motor-motor tertentu produksi tahun muda yang bisa menjadi "bahan" untuk di modifikasi beraliran Cafe Racer.

motor cafe racer

Berikut 5 Motor "Bahan" yang bisa di modif Cafe Racer.

1. Yamaha Scorpio 225

Yamaha scorpio 225 ini memang sudah discontinue, sayang sekali sebenarnya karena mesin 250 CC bergaya sport turing merupakan segmen yang jarang di lirik pabrikan motor dijamannya.

Secara spesifikasi, motor ini cukup menarik, hanya saja memang tampak panjang untuk ukuran motor yang akan di pakai dalam kota. Padahal dimensi panjangnya tidak jauh berbeda dengan Tiger 2000.

Jika ingin memodifikasi motor menjadi aliran Café Racer bisa melirik Scorpio 225 untuk dijadikan bahan.


2. Honda CB200

Salah satu motor incaran kolektor karena populasinya lumayan jarang dan kalaupun dapat, harganya lumayan bikin hati goyah dan melirik seri motor keluaran terbaru dengan displacement sama/lebih besar.

Secara konstruksi motor ini cocok sekali dimodif Café Racer tapi secara history dan harga kayaknya tidak akan tega melakukannya. Orinya saja sudah Ciamik.


3. Suzuki Thunder 250

Desain asli Thunder cukup klasik mekipun agak wagu arahnya kemana. Pasalnya motor ini bergaya Turing dengan tangki besar, bodi membulat dan arm pun masih model bulat khas motor jadul.

Jika ingin memodifikasi motor bergaya Café Racer, Thunder 250 bisa dijadikan bahan modofikasi.

Mesinnya yang besar tanpa starter kaki identik dengan motor balap yang siap dengan kru khusus untuk mendorong motor saat akan menghidupkan mesinnya.

Meskipun harga secondnya agak mahal tapi motor ini bisa dijadikan bahan modif café racer, kalaupun masih kemahalan bisa lirik adiknya yang pakai mesin 150 CC.


4. Kawasaki Binter Mercy

Perawakan motror ini cukup kekar dengan tampilan mesin gahar memang cocok di rombak ala Café Racer. Secara desain, motor ini pun tidak akan kesulitan berubah menjadi café racer. Frame atas pengikat jok sudah berbentuk lurus tinggal di papas sesuai desain dan proporsinya.


5. Honda GL100

Motor klasik yang satu ini memang cocok sekali di gubah menjadi Café Racer. Secara teknis motor ini memiliki frame yang tidak jauh berbeda dengan CB. 

Tapi motor Honda CB lebih sering di restorasi kebentuk aslinya karena memang nilai klasiknya sangat ekslusif, apalagi CB 200.

Selain desain GL 100 sangat mendukung untuk di modif menjadi Cafe Racer, onderdilnya pun masih gampang di temukan. Kalaupun ada ondersil mesin yang sulit di temukan, bisa menggunakan part motor baru yang cukup identik.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment