Rawat kabel gas dan kopling Motor Anda agar tidak seret

Tidak semua yang seret itu enak, handle grip kalau seret di stang bikin genggaman mantap. Kabel gas atau kopling kalau seret bisa menyiksa pergelangan tangan dan lama kelamaan dapat membuat kabel putus.

Kalu sudah terindikasi kabel gas atau kopling mulai terasa berat di tarik apalagi setelah di terawang ternyata motor sempat terendam banjir di parkiran maka sebaiknya seger lakukan perawatan kepada kabel gas dan kabel kopling.

Bersihkan kabel gas dan kabel kopling dengan menggunakan cairan pembersih seperti WD 40.

Kabel gas berukuran lebih kecil dari pada kabel kopling, bebannya juga cenderung lebih ringan tapi kalau seret karena ada kerak atau karat yang menumpuk dalam selongsong kabel, maka dia bisa rawan putus.

Kabel gas biasanya putus di bagian pentolan pengait di grip gas atau di karburator. Jadi jika sekiranya sudah di bersihkan dan dilumasi masih juga terasa berat, sebaiknya ganti karena selain kotoran, biasanya sudah ada serabut kabel yang putus didalam selongsongnya yang mengganggu pergerakan kabel gas.

Rawat kabel gas dan kopling Anda agar tidak seret

Sedangkan untuk Kabel Kopling sebenarnya jarang putus karena ukurannya besar, tapi tetap bisa juga putus kalau sudah terlalu seret dan berkarat yang membuat tarikannya berat tapi masih juga dipaksakan untuk dipakai.

Kalau sudah putus malah repot, iya kalau sudah tau teknik bawa motor saat kabel kopling putus, tapi kalau belum..?

Kabel kopling juga perlu di rawat dan dibersihkan dengan bantuan cairan pembersih atau bensin, lalu setelah bersih, sempurnakan perawatan dengan memberi pelumas.

Lumasi kabel kopling dengan pelumas yang biasa digunakan untuk mesin jahit, atau bisa pakai oli mesin yang di campur bensin agar tidak terlalu kental. Karena kalau pakai oli mesin murni dikhawatirkan malah akan mudah tertempel debu dan kotoran.

Masukan oli dengan bantuan selang bensin yang di sambungkan ke selongsong kabel gas/kopling.

Selagi memasukan cairan pelumas ke selonsong kabel, tarik ulur kabel gas/kopling untuk memudahkan oli menyusup masuk ke dalam selonsong kabel gas/kopling.

Please Share Artikel "Rawat kabel gas dan kopling Motor Anda agar tidak seret" ini :)

0 Response to "Rawat kabel gas dan kopling Motor Anda agar tidak seret"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.