Batang POHON Pisang dapat di berikan pada AYAM tanpa harus di potong

Untuk menghemat biaya pakan, terkadang kita perlu memutar otak untuk mencari pakan alternatif untuk ayam kampung yang di ternakan.

Berbagai pakan alternatif yang menunjang kebutuhan makan ayam setiap harinya dapat di temukan dari berbagai sumber.

Entah itu dari area sekitar kandang, dari limbah rumah tangga, limbah rumah makan atau dari limbah pasar yang bisa berupa buah-buahan dan sayuran.

Pakan alami ini bisa dicampurkan kedalam makanan utama atau di sajikan sebagai makanan selingan di luar jadwal pemberian makan.

Atau ketika sudah tidak sempat merajang-rajang bahan untuk campuran pakan ayam ntah karena kesibukan lain yang menyita waktu atau karena lagi mager.

Yaa kadang jadi peternak ada saat dimana semangat lagi kendor sehingga malas untuk meracik pakan. Asal jangan sampai malas kasih makan.

Jalan paling praktis adalah beli pakan jadi, buatan pabrik, lebih praktis di tenaga (hemat tenaga) tapi kurang praktis di kantong.

Kalau pakan alami harus proses sendiri, merajang sendiri, campur sendiri, makan sendiri,.#ehh-hloh.

Dalam kondisi seperti itu (mager), maka campuran bahan alami yang biasa di rajang bisa di berikan secara utuh.

Pakan alami yang bisa di jadikan cemilan untuk ayam kampung super salah satunya adalah gedebok pisang.

Gedebook / batang pisang jika di jadikan campuran pakan untuk ayam kampung super, maka perlu di potong kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah di makan oleh ayam.

Kalau lagi mager, gedebok pisang pun bisa di sajikan utuh (tanpa harus di rajang) sebagai camilan di waktu senggang di luar jadwal pemberian pakan.

pakan alternatif untuk ayam, makanan alternatif untuk ayam

Jika anda menjadwal pemberian pakan 2 kali sehari (pagi dan sore) maka di siang harinya ketika pakan yang di berikan sudah habis maka ayam bisa mendapat makanan dari gedebok pisang yang di sediakan di area kandang.

Itulah sebabnya mengapa disebut sebagai cemilan, karena kita tetap memberi pakan sesuai porsi yang di butuhkan ayam. Sedangkan pemberian bahan alami seperti getthebook atau sayuran secara utuh hanyalah sebagai tambahan.

Pemberian batang pisang yang jika di translate dalam bahasa asing berarti Get The Book ini bisa mencegah dan meminimalisir agresifitas ayam yang bisa saling mematuk satu sama lainnya apabila ketersediaan pakan dalam kandang, habis.

Dan juga di harapkan, kebutuhan pakan bisa di kurangi sehingga biaya untuk pakan bisa ikut di tekan.

Selain gedebok pisang, aneka sayuran seperti kangkung juga bisa menjadi menu tambahan untuk di konsumsi ayam sewaktu-waktu.

Untungnya ayam termasuk binatang Omnivora yang bisa makan apa saja. Baik itu tumbuhan maupun hewani. Jadi bisa dicarikan aneka kreasi makanan.

Asal jangan kasih mentahan nya, meskipun sekarang jaman sudah canggih dan banyak layanan delivery order tapi jangan harap bisa seperti shaun the sheep yang bisa order pizza sendiri, yang ada malah jadi boros #hammer

makanan alternatif untuk ayam, pakan alternatif untuk ayam

Masih banyak bahan alami lainnya yang bisa dijadikan pakan alami untuk ayam, namun perlu di perhatikan ketika memberikan jenis makanan baru untuk ayam agar tidak memberi dampak negatif yang mungkin mengganggu kesehatan ayam atau mempengaruhi naksu makan ayam.

Itulah informasi mengenai tentang batang pisang sebagai sumber pakan alami yang bisa dijadikan cemilan untuk ayam kampung super tanpa harus perlu di rajang terlebih dahulu.

Semoga bisa menginspirasi anda yang sedang memulai usaha peternakan ayam khususnya jenis ayam kampung super. Bagi anda yang sudah berpengalaman, mungkin bisa menambahkan atau berbagi pengalaman tentang pakan AKS melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Batang POHON Pisang dapat di berikan pada AYAM tanpa harus di potong" ini :)

0 Response to "Batang POHON Pisang dapat di berikan pada AYAM tanpa harus di potong"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.