10 Kopi terbaik dari Indonesia

Bagi pecinta Kopi, banyak pilihan jenis kopi yang bisa dinikmati untuk memberi energi bagi indera dan pikiran agar dapat bekerja maksimal.

Kafein yang ada dalam kopi dapat menstimulasi otak dan lebih utamanya lagi membuat mata dapat terjaga dari kantuk.

Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbaik di Dunia selain Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Jenis kopi yang dihasilkan Indonesia cukup banyak ragam macamnya. Setiap orang pasti memiliki selera dan pilihan jenis kopinya masing-masing.

Semakin banyak juga variasi olahan kopi yang membuat para penikmat kopi memiliki banyak pilihan kopi yang ingin di minum. Untuk menambah informasi anda mengenai jenis kopi, berikut ini adalah 10 kopi terbaik dari Indonesia yang populer dan banyak diminati di Dunia.

Kopi Luwak

Salah satu jenis kopi yang cukup populer dan sering kita dengar. Apalagi pabrikan olahan kopi juga membuat produk kopi luwak kemasan dan gencar mempromosikan produk kopi sachetnya tersebut.

Sebenarnya sejarah keberadaan kopi luwak cukup memilukan karena pada jaman dahulu kala,tepatnya jaman penjajahan Belanda para Petani kopi tidak boleh menikmati kopi yang ditanamnya.

Namun pada suatu ketika, tanpa sengaja para petani melihat hewan luwak sejenis musang yang memakan kopi namun ternyata luwak tersebut tidak bisa mencerna biji kopi sehingga biji kopi keluar bersama kotorannya.

Karena rasa penasaran yang tinggi akan rasa kopi, akhirnya para petani membersihkan dan merebus biji kopi yang keluar dari perut luwak tersebut dan mengolahnya menjadi kopi. Dan ternyata kopi yang terproses dalam perut luwak memiliki cita rasa cukup tinggi dan sangat diminati hingga sekarang.

Akhirnya sekarang kopi yang dikenal dengan sebutan Kopi Luwak ini banyak dinikmati dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.


Kopi Jawa

Kopi Jawa diperkirakan telah di kenal Dunia sejak abad ke-17. Kala itu, Belanda mulai menanam bibit biji Kopi dan menjadi salah satu penghasil biji kopi terbesar di dunia.

sebenar nya pada kala itu sudah banyak jenis kopi yang beredar dan diminati para peminum kopi. Tapi kopi Jawa hadir dengan cita rasa khas dengan aroma yang lebih ringan.

Daerah penghasil kopi Jawa yang terkenal adalah di pegunungan Ijen Banyuwangi, Jawa Timur.


Kopi Gayo

Kopi ini masuk kedalam janis kopi Arabika yang sudah sangat populer didunia. Dinamakan kopi Gayo karena tanaman kopi Gayo di kembangkan di Aceh tepatnya di dataran tinggi Gayo.

Tempat ini cukup terkenal sebagai salah satu pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia. Kopi Gayo dikenal memiliki tingkat keasaman rendah dan cukup pahit. Kopi Gayo diakui sebagai salah satu kopi terbaik dunia karena memiliki rasa yang unik dan khas.


Kopi Flores

Asal kopi ini bisa diketahui dari namanya yaitu Flores Nusa Tenggara Timur. Tanaman kopi di Floretumbuh di pengaruhi adanya kandungan abu vulkanik yang membuat tanah disana subur sehingga mempengaruhi hasil

Mungkin Anda tidak menyangka jika Flores merupakan salah satu penyumbang kopi terbaik dari Indonesia.


Kopi Toraja

Ini juga salah satu kopi khas yang banyak diminati para pecinta kopi. Kopi Toraja memiliki cita rasa yang unik karena ketika diminum akan terasa cukup pahit namun dengan sekejaprasa itu menghilang dari lidah tanpa menyisakan sedikit pun rasa pahit di kecapan.
Rasa yang unik inilah yang menjadi daya tarik kopi Toraja hingga membuat para pecinta kopi dari seluruh dunia menjadikannya salah satu kopi terbaik dari Indonesia.

Sulawesi Selatan memiliki tanah yang subur di pegunungan Toraja dan menghasikan Kopi Arabika dan Kopi Arabika Robusta khas tanah Toraja.


Kopi Wamena

Ini juga adalah salah satu Kopi khas daerah di Nusantara. Pegunungan Wamena yang asri membuat tanaman kopi dapat tumbuh subur dan memiliki aroma yang harum dan berkarakter khas.

Kopi Wamena di kembangkan dan di rawat dengan bahan-bahan organic sehingga menghasilkan biji kopi yang original, harum, serta tanpa rasa asam sehingga rasanya lebih ringan dan tanpa ampas.


Kopi Lanang

Dari namanya mungkin anda akan sedikit bingung kenapa bisa kopi ini dinamakan Kopi Lanang.?

Sebenarnya sebutan kopi lanang berasal dari bentuk nya yang memiliki kelainan dibanding biji kopi pada umumnya.

Biasanya dalam satu buah ceri kopi terdapat dua biji namun kopi lanang hanya berisi biji tunggal. Kopi lanang sendiri terbentuk secara alami alias bukan hasil dari perlakuan khusus saat penanamannya.

Kopi lanang bias didapat dari berbagai jenis kopi, mulai dari arabika, robusta, liberika dan excelsa. Karena kopi lanang adalah bukan hasil rekayasa maka dalam sekali panen kemungkinan hanya akan ditemukan sekitar 5-10% biji kopi yang mengalami kelainan tersebut dan akhirnya diolah menjadi kopi lanang.

Konon Kopi Lanang dikenal dapat meningkatkan stamina sehingga banyak dicari para penikmat kopi khususnya bagi kaum pria.

Karena kopi ini termasuk langka dan khasiatnya yang istimewa maka tak heran jika kopi lanang di jual lebih mahal dari pada kopi pada umumnya.


Kopi Sidikalang

Salah satu jenis kopi terbaik dari Indonesia yang banyak memiliki penggemar di Nusantara hingga mancanegara.

Kopi Sidikalang memiliki tekstur yang halus jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Karena kopi Sidikalang memilki kualitas yang tinggi maka tak heran jika kopi ini dianggap sebagai pesaing kopi dari Brazil.


Kopi Kintamani

Selain terkenal dengan keindahannya dan hewan khasnya yaitu Anjing Kintamani, daerah Kintamani-Bali juga menjadi produsen biji kopi terbaik dari Indonesia.

Kopi Kintamani memiliki cirri khas rasa yang beraroma buah. Cita rasa buah yang muncul dalam kopi Kintamani disebabkan karena pohon kopi yang ditanam bercampur dengan tanaman lain seperti sayuran dan buah-buahan.


Kopi Mandailing

Kopi asal Sumatra tepatnya di Mandailing, Natal, Sumatra Utara ini memiliki aroma yang sangat kuat sehingga banyak diminati penggemar kopi dan menjadi salah satu kopi terbaik dari Indonesia.

Kopi ini awalnya di bawa oleh Belanda sekitar tahun 1699 dan tumbuh menjadi kopi terbaik hingga kini.


Itulah informasi mengenai Jenis dan macam-macam kopi terbaik dari Indonesia yang terkenal hingga ke seluruh dunia.

Semoga bisa menambah wawasan anda tentang jenis kapi terbaik dari Indonesia yang mendunia.
Salah satu quote unik dari pecinta kopi adalah "Jangan sampai kerjamu mengganggu ngopimu".
Semoga bermanfaat.

Share Informasi "10 Kopi terbaik dari Indonesia" ini ke temanmu :)

0 Response to "10 Kopi terbaik dari Indonesia"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.