Arti singkatan dan istilah di Perusahaan

Bekerja dalam sebuah perusahaan, kita akan menemukan banyak sekali divisi kerja yang saling berkaitan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Penamaan masing-masing divisi terkadang cukup panjang sehingga kita hanya akan sering mendengar dan melihat singkatannya saja.

Misalnya ketika kita melihat lowongan kerja di Koran bahwa sebuah perusahaan membutuhkan karyawan untuk posisi HRD dan bagi yang berminat bisa menghubungi bagian Personalia dari perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah arti singkatan dan istilah yang sering ada dalam sebuah perusahaan.

GA adalah singkatan dari General Affair, tugasnya adalah mengurusi semua kegiatan umum terkait kegiatan operasional perusahaan seperti kendaraan dinas, konsumsi, penginapan dan lain sebagainya.

CSR adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility. Sebuah departemen yang dibentuk untuk menunjukan tanggung jawab perusahaan terhadap kehidupan social maupun lingkungan dimana perusahaan tersebut berdiri. Sehingga masyarakat sekitar merasakan dampak positif terkait keberadaan perusahaan tersebut di lingkungannya.

Cut Off adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan kegiatan tutup buku dalam satu periode absensi atau payroll karyawan.

Foreman adalah istilah yang digunakan untuk menybutkan posisi seorang Mandor, Kepala Tukang atau Kepala Regu.

HSE adalah singkatan dari Health Safety Environment. Department ini bertanggung jawab hal-hal terkait kesehatan dan keselamatan kerja. Banyak istilah yang di gunakan pada perusahaan seperti K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan), K3LH (Keselamatan Kesehatan KerjaLingkungan Hidup) atau OSH (Occupational Safety & Health).

HRD adalah singkatan dari Human Resources Departement. Divisi ini bertanggung jawab mengurusi penanganan Sumber Daya Manusia (SDM).

Logistik adalah departemen yang menyediakan segala keperuluan kantor/perusahaan seperti ATK, Sparepart, dan barang lainnya.

Personalia adalah bagian dari perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab mengatur urusan kepegawaian mulai dari database pegawai, pembayaran pegawai, dan lain sebagainya.

Superintendent adalah istilah untuk menyebutkan posisi seorang Pengawas, Pemimpin atau Inspektur. Tingkatnya berada diatas Foreman, Mekanik atau Supervisor dan berada di bawah pemilik perusahaan.

PKB adalah singkatan dari Perjanjian Kerja Sama, merupakan istilah yang digunakan yang mengacu pada kesepakatan secara tertulis antar kedua belah pihak, baik antar perusahaan maupun antara perusahaan dan karyawan maupun perwakilan serikat pekerja.

Supervisor adalah seorang yang memiliki tugas, kuasa dan wewenang untuk member perintah yang berkaitan dengan target perusahaan kepada rekan kerja di bawahnya.

Roster adalah penentuan jadwal kerja berdasarkan angka misal hari ke 1 adalah senin dan seterusnya hingga hari minggu sebagai hari ke 7. Angka ini nanti akan menjadi patokan pengaturan hari kerja karyawan.

Workshop bisa jadi berarti sebuah pertemuan yang membahas suatu isu hangat yang harus segera diantisipasi oleh perusahaan atau sekedar penyampaian sebuah kebijakan baru maupun training penerapan kebijakan tersebut. Namun kata workshop bisa juga berarti tempat / department yang bertanggung jawab untuk mengatasi unit operasi milik perusahaan yang mengalami kerusakan.


Itulah beberapa istilah yang sering kita dengar dan temukan di perusaan. Semoga bis amenmbah wawasan anda tentang arti singkatan dan istilah dalam perusahaan. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Arti singkatan dan istilah di Perusahaan" ini ke temanmu :)