Mau buat blog baru tapi bingung bahas tema apa

Mau buat blog baru, caranya gampang sekali, apalagi blog yang berplatform Blogspot. Yang bikin bingung adalah, blog baru tersebut mau diisi pembahasan tentang apa?.

Sekarang ini banyak sekali blog baru bermunculan, dan semuanya membahas beragam topik dari yang spesifik sampai yang gado-gado.

Ketika kita ingin membuat blog baru, maka kita harus benar-benar memperhatikan tujuan yang ingin dicapai dari membuat blog baru tersebut. Apakah hanya sebagai sarana untuk menyalurkan hobi memnulis atau ada target lain yang ingin dicapai, seperti untuk mendapat penghasilan lebih besar dari adsense, atau sebagai blog yang rencananya akan digunakan untuk mendaftar adsense nantinya.

Ketika keputusan membuat blog baru hanya sekedar untuk dijadikan sarana menuangkan ide tulisan dan gagasan serta menyalurkan hobi menulis, maka pembuatan blog baru tidak perlu terbebani dengan penghasilan materil yang mungkin tidak sesuai ekspektasi.

Tapi kalau memang pembuatan blog tersebut nantinya diharapkan bisa meningkatkan penghasilan dalam rangka ternak blog, maka pertimbangannya harus lebih matang lagi. Penentuan niche, harus di analisis dengan mendalam dan seksama. Jangan nanti, blog yang baru di buat tersebut malah hanya akan membebani pembagian jadwal waktu merawat blog yang sudah ada dan membebani pikiran karena harus meluangkan waktu dan pikiran serta tenaga untuk membesarkan blog baru tersebut.

Penentuan niche harus benar-benar tepat, jangan sampai blog jadi sepi karena salah pilih niche. Usahakan pilih niche dengan tingkat persaingannya tidak terlalu berat. Tapi sekarang ini sepertinya sudah tidak ada niche yang persaingannya tidak berat apalagi untuk blog dengan target domestik. Mungkin ada beberapa niche yang persaingannya rendah atau bahkan tanpa pesaing sama sekali, tapi artinya juga tanpa iklan.

Misalkan anda kepikiran ingin membuat blog baru bertema tentang rumah dan lebih spesifik membahas dapur. Anda mungkin akan membahas semua detail tentang dapur mulai dari definisi, fungsi, jenis-jenis dapur, desain dapur, dan seterusnya.

Ketika blog baru tercipta maka robot penelusuran Google akan mulai mengendus blog baru anda dan mulai mengidentifikasi blog baru yang anda buat tersebut dan memasukkannya kedalam daftar blog yang akan di crawling secara berkala nantinya.

Saat blog telah selesai di setting dan siap tayang, maka anda akan membuat dan mempublish artikel. Urutannya akan mulai dari muqadimah, penjelasan singkat hingga mendalam tentang semua bahasan yang berkaitan dengan dapur.

Yang jadi persoalan, sekarang ini, berapa banyak blog / website yang membahas tentang dapur? Jika anda ikut masuk ke ceruk pasar tersebut maka anda harus memiliki pembeda dari blog / website lain yang sudah ada dan telah lama tayang dengan pengunjung setia yang sudah banyak.

Ketika anda mempublish artikel tentang definisi dapur, kemudian artikel tentang fungsi dapur, dst. Dari sini robot Google mungkin akan mengerti pola manufer blog anda tersebut. robot Google akan membuat prediksi.

'halah pasti nanti akan tayang artikel tentang jenis-jenis dapur, lalu desain dapur, dst.' gumam robot google.

buat blog baru

Jika artikel untuk blog baru tersebut mengambil referensi dari blog/website yang ada di pageone pencarian Google, maka kemungkinan blog anda akan sulit bersaing kecuali jika anda benar-benar menganalisa kekurangan dan kelebihan dari blog/website tentang dapur yang ada di pageone tersebut. Kelebihan dan kekurangan dari blog lain tersebut anda sempurnakan dan kombinasikan di blog anda sehingga bisa menggeser blog tentang dapur yang selama ini nangkring di pageone.

Butuh usaha yang keras dan perlu keluar modal jika ingin ingin tampil di halaman pertama Google, apalagi untuk niche sangat sepesifik dengan tingkat akurasi tinggi.

Belakangan ini platform blog agak kurang diminati karena semakin banyak yang mencoba peruntungan di Youtube untuk bisa terkenal dan menghasilkan banyak uang. Meskipun begitu, paltform blog masih tetap banyak diminati bagi mereka yang senang membaca atau yang sering mencari tutorial di internet tapi kuota terbatas.

Oleh karena itu, masih banyak blogger yang optimis dengan eksistensi blog meskipun persaingan dengan portal web sekala industri kian gencar memborbardir pagone. Halaman web seperti tribunews, Kompas, dll banyak merajai halaman pertama pencarian google.

Bahkan Tribunews bisa menghadirkan lebih dari satu alamat subdomain di halaman pertama pencarian Google. Tapi sebuah bacaan tetap akan diminati oleh umat manusia, terbukti toko buku masih tetap buka dengan beragam koleksi tulisan dalam format buku didalamnya, mulai dari novel, cerpen, karya ilmiah, karya non ilmiah, kamus dan lain-lain.

Jadi bagi anda yang tetap bertahan di dunia Blogger, tetap semangat, nyambi jadi Youtuber kalau perlu tapi jangan tinggalkan aktifitas menulis di blog, karena lewat tulisan lah sebuah informasi dapat tersampaikan dengan mudah tanpa membuat orang miskin kuota.

Share Informasi "Mau buat blog baru tapi bingung bahas tema apa" ini ke temanmu :)