Cara memperbaiki plat penutup tangki Avanza

Kejadian plat penutup tangki Avanza terlepas bisa menimpa siapa saja. Apalagi jika mobil buatan Toyota ini sudah berumur lama shingga engsel plat tutup tangki sudah mulai seret dan mungkin kropos karena korosi.

Akhirnya ketika mengisi bensin dan mengangkat tuas pembuka plat tutup bensin di sisi jok, pintu lubang saluran pengisian bensin tetap tidak mau membuka. Kalau sudah begini maka petugas pengisian bahan bakar akan menekan sedikit pintu penutup saluran tangki avanza dan engselnya tiba-tiba patah dan lepas dari dudukannya.

Hal ini bisa bikin panik, karena mobil tanpa pintu penutup tangki mengakibatkan ketidak-nyamanan meninggalkan mobil di parkiran umum.

Opsi untuk mengatasinya ada dua, membeli plat penutup tangki yang baru atau memperbaiki engsel plat penutup tangki yang patah tersebut dengan mengelasnya.

Membeli baru lebih praktis tapi harga plat penutup tangki Avanza lumayan mahal, opsi praktis dan hematnya adalah memperbaiki plat penutup tangki Avanza dengan mengelas engsel plat penutup tangki yang patah tersebut.

Sebelum melakukan perbaikan pada engsel plat penutup tangki avanza, kita harus melepas patahan engsel yang menempel di bodi mobil.

Engsel pintu saluran pengisian bensin Avanza ini diikat dengan baut rivet / paku keling ke bodi mobil. Untuk membukanya bisa menggunakan bor dengan ukuran kira-kira sebesar baut ‘8’ atau lebih kecil. Jika tidak punya bor, “terpaksa” pakai cara “primitif” dengan merusak baut rivet/paku keling tersebut.

Langkah-langkah memperbaiki plat penutup tangki Avanza.

Lepas terlebih dahulu baut rivet yang mengikat dudukan engsel pintu tangki bensin dengan bodi. Bisa menggunakan bor bermata kecil atau kalau tidak punya, pakai cara primitif, dengan merusak kepala baut keling menggunakan tang catut.

Jika menggunakan cara primitif, anda bisa memanfaatkan tang catut untuk memutuskan kepala dari batang baut rivet sehingga engsel plat tutup bensin bisa dilepaskan.

memperbaiki plat penutup tangki Avanza

Diantara kepala baut dan besi plat penutup tangki terdapat ring berbahan plastik. Rusak terlebih dahulu ring plastik tersebut agar kepala tang catut bisa masuk di sela-sela kepala paku keling dan besi engsel plat tangki. Sehingga kepala baut rivet bisa putus dan baut rivet bisa di keluarkan ke arah dalam.

Cara melepas plat penutup tangki Avanza sebenarnya cukup mudah tapi butuh tenaga ekstra serta kesabaran jika peralatan yang digunakan tidak memadai.

Setelah terlepas, bawa plat tutup tangki avanza tersebut ke tukang las karbit, ingat ya, Harus pakai las karbit, Jangan las listrik!.

Cukup bawa plat tutup tangki saja ke bengkel las, tidak perlu mobilnya ikut sekalian.

Sebelum mengelas, pastikan posisinya benar, jangan sampai terbalik. Kalau terbalik, malah repot, bisa kerja dua kali.

memperbaiki plat penutup tangki Avanza

Yang perlu di perhatikan juga, karena plat tutup tangki ini akan di las karbit yang menggunakan panas dari api, maka cat tutup tangki pasti akan rusak. Jadi perlu di sediakan anggaran untuk mengecat ulang plat tutup tangki atau membeli aksesoris cover penutup tangki untuk menutupi cat yang terkelupas akibat las karbit.

memperbaiki plat penutup tangki Avanza

Kalau mau murah dan praktis, bisa di cat sendiri pakai cat semprot kemasan kaleng seperti pylox, Diton, RJ London, dll.

Sebenarnya, meskipun beli baru pun, plat tutup bensin tetap harus di cat ulang menyesuaikan warna bodi mobil. Karena umumnya pintu tangki bensin hanya tersedia pilihan warna dasar. Jadi kalau beli plat tutup bensin baru, tetap harus di cat ulang kecuali kalau mobil warna hitam atau putih.

Selanjutnya, setelah plat tutup tangki direstorasi, kita bisa memasangnya kembali.

Cara memasang plat tutup tangki Avanza

Memasangnya sangat mudah, tinggal memposisikan plat penutup tangki dan pasang baut rivet pada lubangnya, selesai.

Tapi jika anda tidak mempunyai alat untuk memasang baut rivet, anda bisa menggunakan baut mur ukuran 10 untuk mengikat plat tutup tangki ke bodi.

Untuk memasang baut pengikat plat tutup tangki. Lepas terlebih dahulu ring pengunci karet diarea tutup tangki.

memperbaiki plat penutup tangki Avanza

kemudian buka sedikit karet tersebut untuk akses tangan memasang mur di bagian dalam bodi.

memperbaiki plat penutup tangki Avanza

Untuk memasang baut bagian atas tidak terlalu sulit, yang agak susah adalah saat memasang baut bagian bawah karena posisinya cukup sempit jadi perlu ketelatenan.

Baca juga : Cara mengganti Pompa bensin Avanza

Itulah informasi tentang cara memperbaiki plat tutup tangki Avanza yang engselnya patah. Biaya untuk mengelas plat tutup tangki avanza ini sekitar 10-20 ribuan tergantung lokasi geografis. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Cara memperbaiki plat penutup tangki Avanza" ini ke temanmu :)