Bisakah motor Matic MIO GT pakai oli Mesran Super

Bisakah motor matic pakai oli Mesran Super? Khususnya motor matic Yamaha Mio GT.

Kadangkala urusan oli mesin bisa bikin bingung. Oli mesin untuk motor jaman sekarang, umumnya pakai jenis oli syntetic dan lebih encer.

Katanya hal ini disebabkan karena celah antar komponen didalam mesin lebih rapat karena di desain dengan sangat presisi. Sehingga tidak perlu oli yang kental untuk melumasinya. Cukup pakai oli SAE 10W30 atau 20W40 saja sudah cukup.

Tapi medan kerja dan operasional setiap kendaraan berbeda-beda. Ada yang hanya di pakai sunmori sekali-kali tapi ada juga yang di pakai keliling kota setiap hari.

Nah yang seperti ini kan perlakuannya harus beda termasuk untuk urusan oli mesin.

Kalau motor kerja berat, apalagi di daerah bersuhu panas, seperti Indonesia Timur di pakaikan oli berkarakter encer, maka akan sering ganti oli karena sering kehabisan akibat banyak menguap.

Salah satu solusi untuk mengatasi oli mesin yang sering habis karena menguap akibat beban kerja yang berat adalah dengan menggunakan oli yang lebih kental.

Namun sepertinya agak sulit mencari oli sintetic yang kental. Jadi pilihannya adalah oli mineral yang berbahan minyak bumi, salah satunya Mesran Super yang viskositasnya antara 20W sampai 50W.

Sementara oli mesin syntetic umumnya SAE 10W30 atau 20W40.

Menggunakan oli mesin Mesran Super di motor matic Mio GT membuat kompresinya jadi terasa lebih padat, suara mesin lebih halus.

Tapi memang harus diakui, pemilihan untuk menggunakan oli yang lebih kental (SAE 20W50) membuat tarikan mesin terasa lebih berat.

Dibanding oli mesin defaultnya yang menggunakan SAE 10W40, tentu sangat jauh perbedaannya.

Pertimbangan untuk memilih opsi oli yang lebih kental di karenakan umur mesin yang sudah lumayan yaitu sekitar 8 tahun.

Kemudian tingginya mobilitas yang membuat mesin sangat panas yang akhirnya mengakibatkan oli mesin cepat habis karena menguap akibat panas.

Kadangkala kita suka lupa memantau kondisi oli mesin karena terlalu sibuk atau karena malas. Akhirnya pas waktunya ganti oli, yang keluar dari mesin hanya secangkir. Kalau begini terus, bisa-bisa mesin keburu jebol.

Kemudian, motor Mio GT saya ini kadangkala suka tiba-tiba mogok kalau overheating. Pernah coba metode cara praktis mengatasi Mio mogok mendadak.

Dan bila ini terjadi, berarti oli mesin sudah banyak menguap dan harus segera ganti.

Makanya sekarang coba pakai oli Mesran Super, yang lebih kental, sehingga diharapkan tidak mudah menguap.

Tapi, Bisakah Mio GT pakai oli Mesran Super?

Memang oli jenis ini banyak dianjurkan untuk digunakan pada motor-motor keluaran lama.
Oli mio gt
Maksudnya motor keluaran lama ini yang kurang jelas pengelompokannya.

Apakah motor yang produksi tahun 2000 an kebawah atau motor yang sudah mencapai umur tertentu.

Menurut saya sih, motor yang sudah lewat 10 tahun termasuk motor keluaran lama. Yaa gak?

Karena motor saya masih 8 tahun, jadi kayaknya sudah saatnya pakai oli yang lebih kental karena gesekan antar komponen yang masif selama ini, tentu menghasilkan celah mesin yang tidak se "keset" Saat masih baru.

Jadi, sepertinya bisa saja Mio GT pakai oli Mesran Super. Tapi harus perlu paham situasi dan kondisinya.

Yang perlu diperhatikan saat beralih ke Oli seperti Mesran Super ini adalah, selain lebih kental, Oil base nya juga beda.

Oli default Mio GT dari pabriknya berbasis sintetis sedangkan oli Mesran terbuat dari mineral. Jadi karakteristiknya berbeda.

Maka perlu perlakuan khusus saat pertama kali melakukan peralihan. Seperti menguras habis oli dalam mesin, melakukan flushing kalau memang lagi nganggur dan mengendarai motor seperti motor baru/inreyen.

Menguras habis oli mesin di Mio GT bisa dilakukan dengan membuka semua baut pembuangan oli.

Semua baut? Memangnya ada berapa saluran pembuangan di Mio GT?

Baca juga: Fakta mengejutkan baut oli Mio GT

Lalu kalau sempat dan ada dana lebih, bisa lakukan flushing.

Tapi kalau malas flushing mesin, setidaknya kendarai motor perlahan-lahan saat pertama beralih jenis oli. Anggap saja motor baru yang masih inreyen.

Kemudian durasi penggantian oli berikutnya harus lebih cepat dari seharusnya.

Saya sendiri tidak menjalankan semua prosedur itu. Saat pertama kali beralih dari enduro matic ke mesran super, saya hanya membuang oli lama lewat saluran pembuangan utama kemudian langsung jsi mesran Super. Lalu inreyen secukupnya kurleb 10km, langsung pakai motor seperti biasa.
Oli mesin motor matic
Demikian informasi tentang oli mesin untuk motor matic. Perlu diingat, ini hanya referensi saja, bukan anjuran. Karena fungsi oli sangat penting bagi mesin. 

Jadi? Bisakah motor matic Mio GT pakai oli Mesran Super?

"Jawabannya, bisa"

Tapi apakah boleh?
"Ntahlah, saya pun kurang tau. 😅"

Maka sebaiknya jika anda ingin beralih jenis oli, konsultasikan dengan orang terdekat anda yang benar-benar mengerti mesin. Apalagi oli yang dipakai ini (Mesran Super) bukan untuk motor matic melainkan untuk motor bebek atau sport yang pakai kopling basah.

Lihat saja spek nya yang sama sekali tidak memenuhi standart oli matic.😄

Oli motor matic
Setidaknya dengan informasi ini, anda menjadi tau bahwa ada pengguna matic diluar sana yang pakai oli sejenis Mesran Super untuk mesinnya. 😅 

Dan pengalaman menggunakan oli Mesran Super di Mio Gt, membuat mesin lebih halus, tidak mudah panas, suara knalpot lebih padat. 

Tapi tarikan mesin terasa lebih berat, dan apakah penggunaan oli yang lebih kental ini akan berpengaruh ke seal atau tidak.🤷‍♂ Semoga bermanfaat.