Analisa Ponsel Android tidak bersuara

Ketika menemui smartphone android yang digunakan sehari-hari tiba-tiba tidak bisa mengeluarkan suara mungkin akan terasa sedikit mengganggu.

Bila sound Smartphone terganggu, selain fungsinya menjadi tidak maksimal, juga menyulitkan kita sebagai pengguna untuk mengetahui adanya notifikasi yang masuk.

Jika anda mengalami masalah pada suara smartphone yang tiba-tiba hilang, jangan panik dulu, coba analisa beberapa hal berikut yang bisa jadi penyebab smartphone tidak bersuara.

Analisa Ponsel Android tidak bersuara

1. Periksa volume apakah sudah pada posisi yang benar, karena bisa jadi tanpa sengaja pengaturan volume bergeser ke minimum.


2. Analisa selanjutnya yang mungkin saja menjadi penyebab smartphone tidak bersuara adalah ketika telah selesai menggunakan headset dan melepasnya, smartphone tidak segera meresponnya dan masih menganggap headset masih terpasang sehingga suara yang dihasilkan tidak disalurkan ke speaker di smartphone.

Smartphone yang terkoneksi dengan speaker via bluetooth juga bisa mengalami kondisi seperti ini ketika koneksinya dilepaskan.

Untuk mengatasi problem ini anda bisa mencoba menonaktifkan fitur OK Google dan merestart smartphone bila perlu.


3. Jika cara diatas masih belum membuahkan hasil untuk membuat smartphone kembali bersuara, mungkin anda bisa mencoba cara yang sedikit ekstrem yaitu dengan mengembalikan setingan ke awal melalui factory reset.

Cara ini dapat mengahapus semua data yang ada di ponsel, jadi sebaiknya anda membackup semua data penting sebelum melakukan factory reset.


4. Analisa dan ingat-ingat kembali apakah baru-baru ini anda pernah melakukan Root atau flashing terhadap Smartphone Anda.

Langkah rooting mungkin saja bisa menjadi penyebab smartphone tidak bersuara karena stock rom yang dipakai tidak sesuai dengan smartphone anda. Solusinya unroot atau kembalikan smartphone ke rom aslinya.


5. Jika semua analisa dan cara pananggulan diatas tidak juga berhasil, mungkin kerusakan terjadi pada hardware, anailsa utama adalah pada konektor speaker yang bisa saja kotor, longgar atau bergeser dari posisinya.

Jika anda memiliki alat yang memadai dan kemampuan untuk membuka smartphone anda, mungkin anda bisa memeriksa bagian speakernya untuk membersihkan kuningan penghubung antar speaker dan mainboard ponsel.

Anda bisa membersihkan kerak yang mungkin menempel di kuningan mainboard menggunakan penghapus. Periksa juga speakernya apakah masih berfungsi atau tidak, jika tidak, anda bisa menggantinya.

Please Share Artikel "Analisa Ponsel Android tidak bersuara" ini :)

0 Response to "Analisa Ponsel Android tidak bersuara"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.