5 cara ini bisa maksimalkan memori Smartphone


Ruang penyimpanan pada smartphone android sejatinya cukup besar. Namun terkadang akan cepat terasa penuh tanpa kita sadari.

Dan hal ini baru disadari saat mencoba menginstal aplikasi baru atau ketika ingin melakukan update operating system.

Untuk mengetahui ruang penyimpanan yang tersisa di smartphone android, anda bisa mengaksesnya melalui menu Setting dan pilih Storage.

Disini anda dapat melihat total kapasitas penyimpanan, dan berapa banyak yang sudah digunakan serta type file yang memakan banyak ruang mulai aplikasi, gambar, video, music, chace dan miscellaneous file.

Berikut ini 5 cara memperbesar dan memaksimalkan ruang penyimpanan pada smartphone android.

1. Hapus Aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin sudah tidak pernah anda sentuh lagi semenjak menginstalnya, ada juda aplikasi yang tanpa sadar terinstal di smartphone karena klik link tanpa sengaja.

Selain aplikasi, game yang terabaikan karena terlalu sulit dimainkan atau karena menawarkan terlalu banyak iklan yang sangat megganggu jalannya permainan.

Aplikasi dan game yang terabaikan ini mungkin jumlahnya terlalu banyak, anda bisa menghapusnya untuk mendapatkan ruang penyimpanan kembali longgar.

Mungkin beberapa aplikasi sayang untuk dihapus karena bagus tapi pada kenyataannya jarang sekali di gunakan, sebaiknya putuskan untuk menghapusnya, anda bisa menginstalnya lagi bila perlu.

Jika anda khawatir tidak dapat menemukannya di playstore, anda bisa mendownload apk-nya untuk disimpan ke komputer agar bisa dengan mudah diinstal kelak anda butuh.


2. Pindahkan foto dan video

Foto dan video hasil rekaman 2 tahun silam sebaiknya dipindahkan ke tempat lain yang lbih “aman”. Anda bisa membackup nya ke komputer atau menyimpannya ke Cloud sehingga mudah diakses jikalau anda berniat ganti handphone.


3. Hapus Chace

Menghapus chace terkadang menjadi terlupakan, ada pengguna ponsel yang sama sekali tidak pernah melakukan ritual ini hingga mereka merasa handphonenya mulai lemot dan tidak tahu apa penyebabnya.

Anda bisa melakukan ini dengan mudah, mulailah dari aplikasi web browser yang mungkin saja telah menyimpan banyak chace sejak anda menggunakan handphone tersebut.


4. Hapus Bloatware

Bloatware menjadi salah satu yang membuat frustasi, sayangnya aplikasi bawaan pabrik ini tidak bisa di hapus tanpa melakukan rooting.

Untuk langkah antisipasi agar aplikasi ini tidak memakan memory penyimpanan, anda bisa membuatnya nonaktif dan mencegahnya melakukan Update bila memungkinkan.


5. Rooting

Untuk lebih leluasa menggunakan smartphone android, memang sebaiknya anda me-root smartphone anda. Tapi itu hanya bila anda yakin bisa melakukannya dan smartphone anda sudah tidak dalam masa garansi. Karena smartphone yang sudah di root tidak bisa mengajukan garansi jika terjadi kerusakan.

Ponsel yang sudah di-root memberi peluang untuk di maksimalkan perfomanya, kinerjanya termasuk ruang penyimpanannya dengan menghapus Bloatware yang tidak dibutuhkan.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment