Cara Mudah Menjaga ponsel Androidmu tetap Aman

Android security selalu menjadi pembahasan menarik. Jika kamu termasuk salah satu pengguna smartphone berbasis android, kamu mungkin perlu peduli dengan beragam ancaman yang muncul.

Mungkin perlu mengingatkan untuk menjaga perangkat kamu tetap aman, tapi tenang saja karena kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk itu atau bahkan sama sekali tidak membutuhkan biaya dan ini mudah di terapkan.

Menjaga Androidmu tetap Aman

Download aplikasi hanya di Google Play

Google menawarkan empat tips keamanan di blognya, salah satunya adalah dengan menggunakan Google Play untuk mendapatkan dan mendownload aplikasi.

Meskipun banyak alternatif lain yang aman, seperti Amazon AppStore for Android, Getjar, Slide Me dan banyak lagi Appstore lainnya.

Jika Kamu menemukan aplikasi yang kamu sukai di toko pihak ketiga lainnya untuk diinstal ke ponsel kamu, pastikan untuk selalu melakukan double-cek sebelum mendownloadnya, periksa kredibilitas pembuat aplikasi tersebut, cek juga ulasan pengguna lain sebelum mendowloadnya.


Instal aplikasi pengaman

Ngomong-ngomong soal aplikasi, pertimbangkan untuk menginstal aplikasi anti virus sebagai pengaman smartphone dari virus ataupun malware.

Ada banyak antivirus papan atas yang bisa digunakan untuk mengamankan ponsel android dengan lisesnsi premium dan free seperti Avast, Mc afee, dll.


Mengunci layar

Manfaatkan kelebihan teknologi android dalam hal mengunci layar agar tidak mudah di utak atik tangan jahil yang ingin kepoin isi handphone kamu.


Setting Android Device Manager

Fitur ini membuatmu dapat mengunci handphonemu dari jarak jauh, melacak lokasinya jikalau diambil orang tanpa permisi, membuatnya berdering ketika kamu lupa menaruhnya hingga menghapus data-data didalamnya dan mereset smartphone ke kondisi default.


Kelola izin aplikasi

Setiap aplikasi android ditempatkan dalam Virtual Sandbox. Itu berarti, aplikasi aplikasi tersebut tidak mempunyai akses ke data kamu kecuali kamu memberinya izin tambahan. Misalnya, aplikasi yang kamu pasang tidak dapat mengakses informasi seperti foto atau lokasi kamu kecuali kamu memberi nya izin.

Pada perangkat yang menjalankan Android Marshmallow, kamu dapat mengontrol izin aplikasi tertentu melalui menu setelan > Apps > dan pilih aplikasi dari dalam daftar yang muncul. Di layar info aplikasi, kamu akan melihat kategori izin yang mencantumkan semua izin yang dapat di akses aplikasi tersebut.


Encrypt data kamu

Tips selanjutnya adalah men-encrypt semua data kamu seperti file, gambar, aplikasi, dll. Kamu bisa memeriksanya di menu setting > security dan tap Encrypt Phone. Pada perangkat Nexus terbaru, fitur enrypt ini secara default sudah aktif, tapi pada perangkat lain kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Proses encrypt data ini bisa memakan waktu berjam-jam jadi sebaiknya pastikan baterai ponsel dalam kondisi full atau kamu bisa mengecasnya selama prosesnya berlangsung.

Sebaiknya lakukan ini dimalam hari agar tidak mengganggu aktifitas kamu dengan smartphone tersebut.


Jangan klik link sembarangan

Tidak bisa dipungkiri, didunia maya kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja dengan latar belakang beraneka ragam dan segala informasi bisa datang dari mana saja salah satunya berbentuk link.

Pastikan kamu tidak langsung percaya dengan link yang di bagikan teman-teman kamu di medsos karena bisa saja link tersebut mengandung program jahat yang bisa merusak smartphone kamu.

Please Share Artikel "Cara Mudah Menjaga ponsel Androidmu tetap Aman" ini :)

0 Response to "Cara Mudah Menjaga ponsel Androidmu tetap Aman"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.