JANGAN lupa aktifkan Android Device Manager untuk mengamankan smartphone Anda

Kehilangan sebuah handphone pintar bisa bikin stress, karena akhir-akhir ini rasanya semua kehidupan kita ada dalam smartphone yang mungil itu.

Android Device Manager bisa membantu anda menemukan kembali Smartphone anda dan jika perlu, menguncinya dari jauh bahkan menghapus semua data-datanya jika Smartphone anda ternyata di curi dan anda sudah menyerah untuk mencarinya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa anda telah mengaktifkan fitur pangaman di handphone dan menyetingnya dengan benar. Selanjutnya apa saja yang perlu di lakukan agar aplikasi ini berjalan sebagaimana mestinya.

Periksa pengaturan smartphone Anda

Saat anda menggunakan smartphone, pastikan anda sudah mengaktifkan Device Manager tergantung merk dan type ponsel anda bisa mencoba mencari pengaturan untuk “remotely locate this device” dan “remote locate and erase”.

Untuk menemukan perangkat anda dari jarak jauh, anda harus mengaktifkan layanan lokasi, ketika fitur ini aktif maka akan sangat menguras baterai smartphone, jadi perlu di pertimbangkan antara keamanan dan kenyamanan.

Anda juga harus login ke akun Google di perangkat, pastikan juga anda belum menyembunyikan perangkat di Google Play atau pengaturan ini tidak akan muncul di Device Manager.


Lakukan Test

Setelah anda memverifikasi bahwa anda memiliki pengaturan yang benar, anda perlu melakukan pengujian ringan terhadap perangkat anda. Buka android.com/devicemanager dan masuk ke akun Google anda. Device Manager akan mencoba mendeteksi Smartphone Anda dan jika layanan lokasi aktif maka akan memperlihatkan lokasi smartphone anda.

Jika berhasil, anda akan melihat peta dengan pin yang menunjukan lokasi perangkat anda. Disisi kiri layar ada kotak dengan informasi terkait smartphone anda, waktu terakhir ditemukan dan tanggal terakhir online. Dibawahnya terdapat tiga pilihan; berdering, lock dan hapus.


Apa yang bisa dilakukan dengan Device Manager ini?

Begitu anda menyetingnya dengan benar dan berjalan dengan baik. Anda dapat melakukan satu dari tiga hal dengan Android Device Manager.

Pertama, anda bisa membuat telepon anda berdering. Ini bisa berguna jika anda lupa meletakannya dirumah. Tapi tentu saja jika ponsel anda dalam keadaan diam, fitur ini tidak membantu.

Kedua, anda bisa mengunci ponsel anda dari jarak jauh jika menurut anda smartphone tersebut telah dicuri atau hilang.

Dalam kasus ini anda akan membuat kata sandi yang akan menggantikan layar kunci. Anda juga dapat menambahkan pesan pemulihan, misalnya informasi kontak untuk kemungkinan smartphone anda ditemukan oleh orang baik yang ingin mengembalikan smartphone tersebut.

Ketiga, jika anda sudah tidak ada harapan bahwa smartphone anda akan kembali atau akan ditemukan, anda dapat menghapusnya sehingga tidak ada yang dapat mengakses data anda. Langkah ini juga akan mereset perangkat anda kembali ke setingan pabrik.

Tapi perlu diingat bahwa data yang bisa dihapus hanya data yang tersimpan di memory telepon sedangkan untuk data di memory card tetap tidak bisa dihapus.

Selain itu, jika smartphone anda tersebut tidak terhubung dengan internet maka anda pun tidak bisa menghapus data anda dari jarak jauh hingga smartphone tersebut terkoneksi dengan jaringan internet.


Alternatif Android Device Manager

Pengguna android di manjakan dengan beragam alternatif tanpa terkecuali. Untuk urusan keamanan pun pengguna android dapat memilih aplikasi pihak ketiga seperti milik Samsung dengan aplikasi Find My Mobile, yang mana terhubung langsung dengan akun Samsung Anda.

Find My Mobile juga dapat melacak keberadaan ponsel anda, membuatnya berdering, menguncinya dan juga menghapus data dari jarak jauh.

Masih banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan handphone jika diperlukan seperti Cerberus, Pre Anti-Theft, dll.

Please Share Artikel "JANGAN lupa aktifkan Android Device Manager untuk mengamankan smartphone Anda" ini :)

0 Response to "JANGAN lupa aktifkan Android Device Manager untuk mengamankan smartphone Anda"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.