7 Penyebab Baterai Android BOROS + BONUS Solusinya

Masalah Konsumsi Baterai manjadi salah satu isu utama di sistem Android. Oleh karenanya, setiap update Versi Android pasti menjadikan Konsumsi Baterai menjadi salah satu point yang perlu ditingkatkan.

Pada kesehariannya, hal yang menyebabkan baterai boros bisa juga di karena penggunaan dan perlakuan smartphone yang kurang tepat.

Penyebab Baterai Android BOROS + BONUS Solusinya

Penyebab Baterai Android Boros dan Solusi Mengatasinya

#1 Pengaturan Brightness

Pengaturan kecerahan layar yang berlebihan memiliki andil yang cukup signifikan dalam mengurangi daya tahan baterai.

Selain kecerahan yang terlalu tinggi, mengatur layar menjadi Auto Brightness juga dapat membuat konsumsi baterai menjadi boros.

Layar akan sibuk menyesuaikan tingkat kecerahannya sesuai msukan cahaya yang diterimanya dari lingkungan sekitar. Dan ini melibatkan banyak sensor yang otomatis memerlukan daya baterai, yang pada akhirnya membuat konsumsi baterai menjadi boros.

Solusinya : Matikan fitur Auto Brightness dan Seting kecerahan layar serendah mungkin namun tetap nyaman bagi anda.


#2 Waktu Sleep

Pengaturan waktu sleep yang kurang tepat juga dapat membuat konsumsi baterai menjadi boros. Waktu sleep yang terlalu lama akan meyebabkan Ponsel bekerja terus meskipun tidak digunakan.

Tapi jika terlalu cepat, anda pun akan disibukan membuka kunci dan mengusap layar setiap kali layar ponsel "tertidur". Setiap kali mengusap layar untuk membuatnya 'terbangun' maka daya yang dibutuhkan pun akan menguras baterai, semakin sering dilakukan maka semakin cepat baterai habis.

Solusinya : Atur waktu sleep sesuai karakteristik penggunaan sehari-hari anda, jika anda lebih sering berkomunikasi dengan kolega atau rekan bisnis via sambungan telepon, mungkin anda perlu mengatur waktu sleep lebih cepat.

Tapi jika anda memanfaatkan smartphone sebagai penunjuk jalan melalui Fitur GPS-nya, mungkin anda perlu mengatur waktu sleep paling lama agar anda tidak sering-sering mengusap layar untuk membuatnya "terbangun".


#3 Kena Virus

Banyak sumber untuk mendapatkan aplikasi ataupun game android di tempat alternatif selain di Play Store. Tempat- tempat ini terkadang menawarkan permainan atau aplikasi premium secara gratis.

Bisa saja Aplikasi atau game yang anda download dari pihak ketiga sudah terkena virus sehingga mempengaruhi kinerja smartphone anda dan membuat konsumsi baterai menjadi boros.

Terkadang juga ada bonus-bonus dari pemilik Store yang cukup menarik menjadi alasan kenapa mendownload aplikasi android selain di Play Store.

Solusinya : Instal anti Virus dan Scan Smartphone anda dari kemungkinan adanya gangguan dari Virus yang mengganggu kinerja android. Jika perlu Lakukan Factory Reset untuk mengembalikan kondisi smartphone ke awal, semoga dengan begini dapat menghapus Virus yang menjadi penyebab baterai menjadi Boros.


#4 Charger Bajakan

Menggunakan charger yang bukan bawaan pabrik juga dapat membuat kinerja baterai menjadi tidak maksimal dan menjadi lebih boros.

Pengisian yang tidak sesuai Voltase dan mAh akan mengacaukan kalibrasi baterai dan pembacaan kapasitas baterai oleh Smartphone. Meskipun indikator Smartphone menyatakan baterai sudah 100 persen tapi pada kenyataannya tidak demikian.

Solusinya : Selalu gunakan Charger asli bawaan ponsel. Jika charger rusak, Usahakan beli yang original di toko aksesoris ponsel yang terpercaya.


#5 Update Sistem

Sistem Android selalu melakukan pembaruan dalam jangka singkat, Update sistem Android maupun aplikasi yang ada di smartphone android bisa saja malah membuat konsumsi baterai semakin boros.

Solusinya : Sesuaikan kemampuan Hardware Ponsel Anda sebelum melakukan Update Sistem atau apikasi, Jika memang tampak tidak memungkinkan sebaiknya tunda update sistem/Aplikasi atau pertimbangkan membeli ponsel baru.


#6 Baterai sudah Usang

Baterai juga memiliki umur pakai, biasanya dihitung dalam cycle, berapa kali baterai tersebut mampu di isi ulang, misalnya 1000 cycle. Jika angka tersebut telah tercapai otomatis kemampuannya mulai menurun dan cepat habis.

Selain karena masa pakai, kerusakan pada baterai juga bisa membuatnya menjadi boros. Biasanya baterai yang mengalami kerusakan akan cepat penuh sat di charge tapi cepat juga habisnya.

Solusinya : Ganti baterai Smartphone anda dengan yang baru, dan pastikan original.


#7 Smartphone Berumur

Selain baterai yang sudah usang, smartphone yang sudah berumur juga bisa mengkonsumsi daya beterai lebih banyak dari seharusnya. 

Kotoran atau debu yang menyusup kedalam ponsel melalui sela-sela akan mengerak dan bisa jadi menciptakan hubingan singkat antar komponen. meskipun hal ini tidak berdampak langsung pada kinerja ponsel tapi bisa berdampak pada konsumsi baterai yang semakin boros.

Solusinya : Lakukan pembersihan Smartphone secara berkala untuk menghindari kotoran mengendap didalam ponsel. Kalau Anda memiliki kemampuan bongkar pasang barang elektronik, anda bisa membuka casing ponsel dan membersihkan hingga ke mainboard-nya bila perlu.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment