LINE Tidak dapat digunakan Video Call, begini mengatasinya

Line memiliki fitur Video Call yang dapat dinikmati secara gratis oleh penggunanya.

Video Call di aplikasi Line cukup ringan dan lancar cenderung tanpa lag meskipun perlu dukungan jaringan dan ponsel yang berperforma baik.

Tapi terkadang terdapat permasalahan ketika Line tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan Video Call.

Jika aplikasi Line di smartphone anda tidak bisa digunakan untuk video call, coba analisa beberapa kemungkinan berikut ini.

LINE Tidak dapat digunakan Video Call

1. Cek Ijin Aplikasi

Terkadang pengguna ponsel lupa, tidak tahu atau terlalu parno ketika sebuah aplikasi memerlukan ijin ke perangkat hardware khususnya kamera.

Untuk mengatasi Line tidak dapat melakukan Video Call di Line, ia harus memiliki ijin ke perangkat kamera.

Coba masuk ke Pengaturan > Keamanan > Pengoperasian Aplikasi > Media kemudian cari Line dalam daftar. Periksa perijinanan aplikasi, apakah telah diijinkan untuk mengakses kamera dan microfon.


2. Stop Aplikasi atau Hapus Data

Aplikasi Line mungkin sudah berjalan cukup lama di Smartphone anda tiada henti sejak pertama kali Smartphone Anda dibeli.

Jadi mungkin saja aplikasi Line di smartphone anda sudah lelah, untuk mengatasi Line tidak bisa video call, Anda bisa mencoba untuk menutupnya melalui tombol Paksa Berhenti/Force Close, kemudian restart ponsel anda dan coba lakukan panggilan video call.

Jika Line masih tidak dapat digunakan Video Call, coba lakukan Clear Data/Hapus Data, tapi cara ini akan membuat anda keluar dari Line, jadi pastikan anda mengingat ID dan password Line Anda.


3. Instal Ulang Line

Jika masih belum juga berhasil, Coba instal ulang aplikasi Line yang anda miliki. Download langsung Aplikasi Line dari playstore melalui handphone anda.

Tapi pastikan anda meng-Uninstal aplikasi Line di smartphone anda dulu. Sebelum Unistal sebaiknya lakukan Clear Data dan Clear Chace untuk memastikan hystori Line terhapus sempurna dari memory Smartphone.


4. Coba ganti jaringan

Mungkin jaringan internet yang anda pakai kurang optimal dalam transfer data karena sinyal lemah atau memang layanan dari provider anda kurang stabil sehingga Line tidak dapat digunakan Video call.

Coba gunakan provider lain yang memiliki sinyal kuat dan sudah mendukung jaringan 4G yang merupakan jaringan terkuat dan tercepat saat ini.


5. Cek Perangkat Kamera


Bisa jadi permasalahannya terdapat pada kamera ponsel anda. Cek kamera ponsel apakah bisa berfungsi normal atau tidak.


Itulah analisa yang bisa anda terapkan ketika menghadapi masalah dan mengatasi Line yang tidak bisa dipakai Video Call. Semoga bermanfaat.


Please Share Artikel "LINE Tidak dapat digunakan Video Call, begini mengatasinya" ini :)

0 Response to "LINE Tidak dapat digunakan Video Call, begini mengatasinya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.