Tips LENGKAP Menghemat biaya Paket Data Internet

Penggunaan smartphone dewasa ini tidak lepas dari yang namanya koneksi internet. Dengan terhubung internet, smartphone akan dapat menjalankan fungsinya sebagaimana layaknya sebuah telepon pintar yang mendukung kebutuhan komunikasi, hiburan, serta sumber informasi bagi. penggunanya.

Dengan semakin banyaknya aplikasi, game, massenger yang terpasang di handphone canggih ini, maka kebutuhan akan paket data internet akan semakin besar.

Paket data internet ini sangat di butuhkan untuk menjalankan aplikasi media sosial, browsing, main game online, masenger, streaming video, email dll.

Sebuah Smartphone yang tidak terhubung dengan jaringan internet, akan terasa hambar bagaikan sayur tanpa garam. Tapi penggunaan kuota internet juga perlu dikendalikan dan dibatasi agar tidak boros habis percuma dan makan ongkos.

Berapa banyak biaya yang dihabiskan selama sebulan hanya untuk membeli paket data? 50 ribu, 100 ribu atau hingga 200 ribu.

Jika anggaran biaya untuk menghidupi kebutuhan smartphone sudah terlalu besar, perlulah kiranya diatur penggunaannya agar tidak over budget.

Berikut ini Tips lengkap dan termudah untuk menghemat biaya paket data internet agar dapat menunjang produktifitas ketika menggunakan smartphone tersebut.

1. Batasi Aplikasi Sosial media
Rasa penasaran dan ingin tahu untuk mencoba semua aplikasi media sosial yang ada, dapat membuat kuota terkuras dengan cepat.

Untuk itu batasi Aplikasi Media Sosial yang terinnstal di smartphone. Cukup instal yang diperlukan saja, kalaupun ingin menginstal banyak aplikasi sosmed, cukup aktifkan hanya ketika diperlukan saja, jangan biarkan dia online sepanjang waktu.


2. Gunakan koneksi Wi-fi untuk Update aplikasi / mengunduh file
Setiap aplikasi yang terpasang pada smartphone, membutuhkan update berkala untuk memperbaharui sistem dari kekurangan yang ada pada versi lama.

Proses update ini tentu membutuhkan koneksi internet dan menghabiskan kuota yang tidak sedikit. Oleh karena itu untuk melakukan update aplikasi atau ketika ingin mendownload sebuah apilkasi gunakan koneksi Wi-fi gratis.


3. Pilih Paket internet sesuai kebutuhan
Pilih tipe paket internet sesuai kebutuhan dan kebiasaan anda menggunakan smartphone. Anda bisa memilih paket data Unlimited jika tidak ingin terkekang oleh kuota.

Tapi meskipun unlimited, ada batasan pemakaian wajar (FUP) dan jika itu terlampaui maka kecepatan transfer data akan menurun hingga dibawah 100KB/s yang kenyataannya bisa lebih pahit.

Atau anda bisa memilih paket internet yang menawarkan bonus kuota melimpah di jam pocong jika anda termasuk sering begadang untuk menyelesaikan tugas kantor atau tugas kuliah.

Untuk menghemat biaya membeli paket data, Anda juga bisa memanfaatkan Promo dari konter penjual kartu perdana yang biasanya menawarkan perdana dengan paket kuota melimpah berharga murah.


4. Pilih Browser yang tepat
Jika anda sering mencari informasi melalui perangkat smartphone, browser yang tepat dapat menunjang kebutuhan anda dan juga dapat menghemat kuota.


5. Perhatikan Kondisi Jaringan
Jangan paksakan untuk tetap terhubung atau memaksa browsing saat jaringan operator sedang kurang bagus.

Karena ketika kondisi jaringan kurang baik maka proses transfer data akan tersendat-sendat dan berulang-ulang untuk konten yang sama.

Misalnya anda membuka satu halaman web disaat kondisi jaringan sedang kurang stabil maka anda akan menunggu lama untuk loading satu halaman web tersebut dan bahkan perlu merefresh nya berulang-ulang, sekali refresh, dua kali refresh, tiga kali refresh, sudah berapa kuota terbuang percuma hanya untuk merefresh-refresh.

Jadi ketika jaringan terindikasi sedang tidak stabil sebaiknya tunda dulu aktifitas browsing atau chatting di sosmed, sebaiknya matikan saja koneksi data untuk sementara hingga kondisi jaringan stabil dan normal kembali.

Jika anda menggunakan operator yang sinyalnya hadir senin-kamis, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk pindah ke operator lain. Meskipun murah, kalau kualitas jaringannya buruk malah menguras tenaga smartphone, membuat smartphone gampang panas, boros baterai, boros kuota.


6. Matikan paket data saat tidak diperlukan
Untuk menghemat kuota paket data internet, matikan paket data saat tidak diperlukan seperti ketika beristirahat dimalam hari.

Hal ini juga dapat membuat suasana ruang tidur menjadi lebih sehat karena efek intensitas gelombang elektromagnetik dapat dikurangi.

Tips Lengkap Menghemat biaya Paket Data Internet

7. Tentukan Batas penggunaan paket data
Untuk mengontrol penggunaan kuota agar tidak berlebihan, lakukan pengaturan batas penggunaan paket data. misalnya anda berlangganan paket data 3 GB sebulan, buat batasan penggunaan maksimal 2GB misalnya.

Jadi ketika batas 2 GB tercapai, akan muncul notifikasi untuk mengingtkan bahwa batas penggunaan paket data telah tercapai, sehingga anda bisa mulai menjaga / menghemat penggunaan kuota agar tidak berlebihan dan bisa bertahan hingga akhir bulan.


Menghemat paket data internet dapat dijadikan alternatif untuk menghemat biaya pengeluaran bulanan untuk membeli paket internet. Jangan sampai budget bulanan banyak terkuras hanya untuk membeli paket internet yang habis percuma tanpa disadari.

Penggunaan kuota sesuai kebutuhan dengan menerapkan Tips lengkap dan termudah untuk menghemat paket data inetrnet yang sudah duijabarkan diatas diharapkan mampu memaksimalkan penggunaan kuota dengan bijak. semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment