Cara mengaktifkan fitur Smart Lock Sandi di HP Android

Ponsel Android menawarkan beragam fitur keamanan terkait akun penggunanya di dunia maya.

Nama Akun, Alamat Email beserta Password yang digunakan untuk login ke berbagai website atau aplikasi sosmed adalah syarat penting saat ini.

Untuk itulah keamanan akun tersebut menjadi sangat penting dan Google memahami hal tersebut dengan melengkapi ponsel android fitur Smart Lock Sandi.

Apa sebenarnya smart lock sandi ini?

Ini adalah fitur yang dapat membantu anda mengingat nama akun dan password yang digunakan untuk login ke halaman website tertentu.

Saat ini anda pasti memiliki puluhan akun di berbagai website, mulai dari akun Email di Gmail, Yahoo, Hotmail, Akun sosmed seperti Facebook, Twitter, Flickr, atau akun di Toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dll.

Anda tentu harus mengingat satu persatu dan pastilah sulit apalagi jika password yang digunakan cukup berfariasi antara satu dengan lainnya demi keamanan akun yang bersangkutan.

Sistem kerja Smart Lock Sandi ini akan menyimpan semua detail akun yang anda miliki di berbagai web tersebut dalam satu akun yaitu akun Google yang terintegrasi dengan Ponsel Android yang anda miliki.

Jadi disini anda hanya perlu mengingat detail akun utama anda yaitu Akun Google. Selanjutnya setiap kali anda memasukan detail akun (username dan password) ke halaman web tertentu maka fitur Smart Lock Sandi akan mengkonfirmasi apakah anda ingin menyimpan detail akun tersebut ke server Google atau tidak.

Jika suatu saat anda berganti ponsel atau menggunakan komputer dengan Browser Chrome, anda tidak perlu khawatir lagi kesulitan login ke berbagai web karena lupa informasi loginnya. Karena akun anda tersimpan di server Google, anda hanya perlu mengamankan akun Google utama anda agar tidak mudah di ambil orang.

Saat Smart Lock Sandi aktif, setiap kali anda memasukan detail login sebuah website maka anda akan ditawarkan apakah akan menyimpan detail login tersebut di Smart Lock atau Tidak.

Cara mengaktifkan Smart Lock Sandi di HP Android

1. Masuk ke menu Setting/Pengaturan > pilih Google > Smart Lock Untuk Sandi

2. Geser Slider untuk mengaktifkan Smart Lock Sandi untuk menyimpan Sandi ke Akun Google. Anda bisa juga sekalian mengaktifkan Masuk Otomatis agar anda tidak perlu lagi mengkonfirmasi ketika akan masuk ke akun yang terhubung dengan akun Google anda.

Cara mengaktifkan fitur Smart Lock Sandi di HP Android, menggunakan smart lock sandi, smart lock, sandi,

3. Selesai, fitur Smart Lock Sandi sudah aktif, selanjutnya setiap kali anda login ke halaman website yang membutuhkan detail login, anda akan ditawarkan apakah akan menyimpannya ke Smart Lock atau tidak.


Untuk melihat atau memanage detail akun yang tersimpan di Smart Lock, anda bisa mengakses https://passwords.google.com/ melalui web browser di Ponsel maupun di Komputer.

Dengan mengaktifkan fitur ini, anda tidak perlu lagi pusing-pusing mengingat detail Login setiap website yang anda ikuti.

Begitupun ketika anda berganti ponsel ke yang baru, maka anda hanya perlu mengaktifkan fitur Smart Lock Sandi di ponsel baru tersebut dengan memasukan akun Google yang anda gunakan di ponsel sebelumnya.

Hal yang terpenting adalah keamanan Akun Google Utama anda, gunakan password terkuat yang pernah terpikirkan oleh anda, tambahakan keamanan dua lapis seperti mengaitkannya ke nomor ponsel anda dan menambahkan Email cadangan untuk antisipasi jika anda lupa passwordnya dan agar email anda tersebut tidak mudah di "ambil orang".

Share Informasi "Cara mengaktifkan fitur Smart Lock Sandi di HP Android" ini ke temanmu :)