Masalah yang biasa dihadapi saat Akses Street View Mode di Google Maps

Google Maps saat ini sudah menjadi aplikasi wajib pada sebuah smartphone. Tidak harus sedang dalam perjalanan jauh untuk bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Bahkan saat beraktifitas didalam kota pun, tak jarang kita sangat membutuhkan petunjuk jalan seperti Google Maps. Minimal untuk memverifikasi keberadaan sebuah kantor yang akan kita ajak kerjasama.

Kita tidak perlu lagi berpanas-panasan untuk memeriksa apakah sebuah kantor benar-benar ada atau hanya fiktif melalui Google Maps Mode Street View. Google Maps memiliki fitur yang bernama Google Street View yang memungkinkan pengguna turun kejalan dan memandang 360 derajat serta menjelajahi sebuah area selayaknya sedang berjalan-jalan disana.

Dalam penggunaannya, ada saat-saat dimana Google Street View tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Berikut ini contoh masalah yang dihadapi ketika mencoba menjalankan mode Street View di Google Maps.

1. Masalah Lokasi yang tidak Akurat

Anda perlu mengaktifkan fitur GPS di ponsel anda untuk mendapatkan deteksi lokasi yang akurat sesuai posisi anda saat ini. Jika anda menggunakan Google Maps tanpa mengaktifkan GPS maka lokasi yang terbaca di ponsel anda adalah letak BTS terdekat dari anda.

Begitu juga kalau koneksi anda menggunakan jaringan Wi-fi maka yang terdeteksi adalah lokasi server wi-fi tersebut berada. Jadi wajar saja jika deteksi Google Maps tidak akurat tepat pada posisi anda saat ini, itu bisa terjadi jika GPS ponsel anda pada posisi nonaktif. Namun mensetting Mode Lokasi pada tingkat Akurasi Tingi akan mempengaruhi konsumsi Baterai, jadi bijaklah dalam menggunakan opsi ini.

seting gps handphone android, gps ponsel android,


2. Tidak bisa mengakses Mode Streetview

Mode street view secara default sudah tersedia pada Google Maps. Jika anda tidak bisa mengakses Mode streetview mungkin anda perlu menginstal Google Earth di ponsel anda agar bisa turun ke jalan. Untuk bisa mengakses streetview, anda bisa mencoba menggunakan mode Google Earth ketimbang Mode Satelite atau mode Maps.

Kemudian Zoom hingga perbesaran maksimal maka anda akan otomatis di buat turun kejalan. Pada beberapa ponsel, saat Zoom maksimal tercapai maka akan muncul ikon orang berwarna kuning yang bisa diletakan dimana saja sebagai perwakilan anda di peta tersebut.

instal google earth untuk street view


3. Selalu kembali ke mode Peta saat mencoba mengakses Street View

Belum semua jalanan di dunia telah direkam dan di dokumentasikan oleh Google kedalam Mode StreetView. Karena untuk memetakan mode Street View, Google harus melakukannya secara manual. Tidak seperti tampilan Maps yang bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan citra satelite.

Jika anda menghadapi masalah ini bisa jadi area yang ingin anda jelajahi belum terjangkau oleh kendaraan perekam Google.

Untuk bisa menampilkan Mode Street View, Google merekam setiap jalan secara manual, artinya ada sebuah mobil yang telah dilengkapi peralatan canggih berkeliling setiap sudut kota untuk merekam dan memproyeksikannya kedalam Mode Street View.

Jadi mungkin saja area yang ingin anda telusuri belum direkam dan mungkin akan di rekam suatu saat nanti. Yang penting jalan tersebut adalah jalan umum yang bisa di lalui kendaraan bermotor.

Tapi untuk beberapa kota mungkin hanya akan direkam area jalan utamanya saja yang bisa dilalui mobil.


4. Tidak bisa belok kejalan tertentu

Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan kasus nomor 3 diatas. Ketika anda ingin berbelok kesuatu gang dalam mode street view ternyata tidak bisa. Ini mungkin saja dikarenakan Gang yang ingin anda lewati terlalu sempit atau tidak bisa dilewati mobil Google untuk merekamnya.

Sehingga untuk mengiventaris area tersebut, Google perlu kendaraan yang lebih kecil, mungkin sepeda motor, sepeda ontel atau berjalan kaki.

Mungkin suatu saat area tersebut akan bisa dijangkau saat Google maps melakukan update atau Google tidak akan memasukannya kedalam Street View karena berbagai alasan.


5. Tampilan jalan kabur dan sulit berpindah tempat

Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang membutuhkan koneksi cepat dan stabil juga perlu didukung hardware ponsel yang memadai.

Oleh karena itu jika anda mendapati Google Maps yang ngelag tampilan gambarnya kabur, mungkin saja disebabkan koneksi internet anda sedang "Down" atau ponsel anda sedang overload.

Untuk kondisi ini, bisa dicoba menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar atau jika memang masalahnya ada pada koneksi internet yang sedang Down, mungkin anda bisa mencoba provider lain atau mencoba mengakses Google Maps dilain waktu.

Baca juga :

Itulah beberapa masalah yang biasa dihadapi ketika mengakses Mode Street View di Google Maps pada ponsel android.

Diharapkan dengan mengetahui masalah dan penyebabnya, anda tidak bingung lagi saat menemukan lokasi yang tidak akurat, atau tampilan peta yang kabur saat membuka suatu area. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Masalah yang biasa dihadapi saat Akses Street View Mode di Google Maps " ini ke temanmu :)