Bagaimana Cara Menghidupkan Mobil INJEKSI yang kehabisan BENSIN

Jalan-jalan naik mobil pasti menyenangkan, apalagi kalau mobil sudah bersistem injeksi.

Yaa… gak ada hubungannya juga kali, biarpun masih karburator juga asyik, apalagi kalau jalan-jalannya sama Citra Kirana, tambah sumringah.

Tapi kawan, mobil injeksi biar bagaimanapun canggihnya bisa Kehabisan Bensin hloh.

Nah.. bagaimana cara menghidupkan mobil injeksi yang kehabisan bensin?

Jawabannya adalah "TIDAK Bisa…!"

Mobil injeksi seperti mobil lainnya tidak akan bisa dihidupkan kalau kehabisan bensin.

Untuk menghidupkannya harus isi bensin dulu kawan. “Hlah iyalahyaa.." #tepok jidat (jidatnya pak Lurah)

Tapi kawan, anda perlu tau kalau mobil injeksi yang kehabisan bensin perlu metode khusus untuk menghidupkannya. Serius ini…

Kalau tidak menggunakan metode yang benar, bisa-bisa aki tekor, mobil gak juga nyala. mbak Citra malah jalan sama supir Taksi Online (maksudnya order taksol minta diantar pulang)

Jadi, Bagaimana cara menghidupkan mobil Injeksi yang kehabisan bensin?

Begini metodenya kawan….

Isi dulu tangki biar tidak kosong, setelah mengisi tangki dengan bensin secukupnya (secukupnya dompet), jangan langsung distarter.

Di mobil injeksi ada istilahnya masuk angin. Artinya ada angin yang menyusup masuk kedalam sistem bahan bakar akibat kehabisan bensin tadi.

"Jadi, di kerokin? …"

"...Yaa gak di kerokin juga"

Pokoknya jangan langsung distarter dulu, kita lakukan Bleeding sejenak. Tenang tidak akan sampai berkeringat.

Begini metode cara yang tepat menghidupkan mobil injeksi yang kehabisan bensin.

Isi bensin terlebih dahulu sesuai kapasitas dompet.

menghidupkan Mobil INJEKSI kehabisan BENSIN

Masukan kunci ke lubang kunci lalu putar ke posisi ON, maka akan terdengar bunyi nguiing yang menandakan pompa bensin bekerja dan dibarengi menyalanya aneka lampu indikator di dashboard yang sesaat kemudian mati, hanya beberapa lampu saja yang bertahan hidup.

Saat mobil kembali senyap tidak terdengar lagi suara dengungan dari area sekitar mobil, putar kunci kontak ke posisi Off, kemudian putar lagi ke posisi ON, maka akan terdengar lagi bunyi pompa bensin serta lampu dashboard menyala.

Ulangi ritual ini hingga 5-8 kali, kemudian coba start the engine.

Lakukan 2 -3 kali percobaan starter mesin jika mesin masih belum menyala pun, ulangi proses bleeding diatas tadi sekiranya 3-5 kali lalu coba lagi start the engine.

Proses memutar kunci kontak ON-OFF-ON-OFF diatas bertujuan untuk membuang angin yang ada dalam sistem saluran bahan bakar (bleeding).

Saat mobil kehabisan bensin otomatis saluran bahan bakar dari mulai selang bensin, saringan bensin, pompa bensin, hingga injektor akan kosong melompong dan digantikan oleh udara.

Karena perjalanan bensin dari tangki ke injektor cukup jauh maka harus dilakukan bleeding berulang ulang hingga bensin naik ke injektor.

Memutar kinci kontak berulang ulang ini dikarenakan saat kunci di putar ke posisi ON maka pompa bensin hanya akan menyala beberapa detik saja, jadi mungkin bensin hanya akan naik 2-3 CM saja di  selang saluran bensin, jadi perlu dilakukan berulang-ulang hingga sekiranya bensin sudah mencapai injketor atau setidaknya sudah mendekatinya.

Sebenarnya bisa saja anda langsung menstarter mobil berulang-ulang sambil menunggu bensin naik, tapi resikonya aki keburu soak sedangkan bensin belum juga naik mencapai injektor.

Saat pertama menyalakan mobil setelah kehabisan bensin mungkin mesin akan mengalami gejala long crakcing, yaitu kondisi dimana mesin masih ogah-ogahan untuk hidup, Antara hidup dan mati.

Jadi anda perlu sedikit menahan kontak agak lama dibanding saat start posisi normal. Kalau memang belum bisa nyala jangan dipaksakan, lakukan lagi proses bleeding sambil ngobrol sama mbak Citra Kirana yang duduk di kursi penumpang.

Itulah cara menghidupkan mobil injeksi yang kehabisan bensin, cara ini bisa juga diterapkan pada motor yang sudah pakai sistem injeksi.

Kalau mobil sudah nyala, segera antar mbak Citra pulang, duit buat nonton dan makan pasti sudah habis buat beli bensin kan. Lagian sudah malam juga.

Jalan-jalannya besok aja lagi. Oke, semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment