7 Layanan Web yang paling sering digunakan


Jika anda perhatikan, sekarang banyak sekali layanan berbasis Web yang bertebaran di internet.

Mungkin anda sudah sangat sering memanfaatkan internet untuk membantu pekerjaan anda sehari-hari, termasuk untuk hal remeh seperti berhitung, menerjemah, mengkonversi dan lain-lain.

Meskipun banyak sekali kegunaan internet dalam hal ini layanan dari website tertentu yang sangat berguna dalam situasi darurat ketika ingin mendapatkan sebuah informasi yang tepat sesuai kebutuhan.

Layanan Web yang paling sering di manfaatkan

Berikut ini 7 layanan web yang paling bermanfaat dan sering di gunakan.

1. Converter

Sekarang banyak sekali bentuk media dan format file yang semakin beragam. Sebut saja seperti format File untuk Video.

Kalau dulu kita hanya familiar dengan format Video 3gp, sekarang sudah banyak ragamnya. Sayangnya di beberapa kondisi, satu format video mungkin tidak kompatible dengan satu perangkat tertentu sehingga perlu di konversi.

Untungnya sekarang banyak website yang menyediakan layanan Video Converter. Jadinya kita tidak perlu repot-repot lagi mencari software khusus untuk itu.

Tidak hanya Video, file dokumen, music dan lain-lain pun bisa di konvert secara online. Namun biasanya akan ada batasan berapa besar file yang bisa di convert. Tapi ini lebih baik daripada harus beli software convrter yang harganya lumayan tapi fungsinya terbatas, yaa gak.


2. Translate

Seperti namanya, layanan ini memungkinkan anda mentranslate suatu tulisan dari bahasa manapun di dunia ini kedalam bahasa yang anda inginkan.

Meskipun hasil translate nya tidak sempurna, tapi layanan dari website Google Translate yang merupakan salah satu paling populer ini sudah lebih dari cukup untuk membuat anda memahami sebuah tulisan berbahasa asing yang ingin anda baca.

Yang penting tulisan dalam bahasa asing tersebut memiliki susunan yang baku tidak terlalu banyak bahasa gaul didalamnya.

Dan Google selalu melakukan penyempurnaan pada setiap hasil terjemahannya dengan melibatkan penggunanya yang ingin melakukan koreksi pada sebuah terjemahan kata atau kalimat yang mungkin kurang tepat.

Proses translate pun sangat mudah, anda hanya perlu meng copy text yang ingin di terjemahkan ke kolom yang tersedia maka Googe akan menerjemahkannya dalam sekejap.

Google juga bisa membantu anda berhitung dengan kalkulatornya, mengkonversi satuan dalam sistem internasional, dll.


3. Cek jenis Font

Ini biasanya di butuhkan oleh seorang web developer atau blogger yang ingin mengetahui jenis font yang digunakan pada sebuah website.

Kadang juga seorang desain grafis membutuhkan bantuan web pencari jenis font untuk dapat mengenali sebuah font pada desain yang menjadi inspirasi desainnya.


4. Download Apk

Website ini juga banyak seklai di kunjungi meskipun tidak ada konten apapun didalamnya.

Fungsinya yang sangat bermanfaat bagi pengguna Komputer / Laptop untuk mendownload aplikasi/game android lewat perangkat pc/laptop.

Baca juga : Cara Download Aplikasi/Game Android lewat PC

Game/aplikasi android tidak saja hanya bisa diunduh lewat ponsel android melainkan lewat PC/laptop pun bisa.

Pengguna laptop/PC biasanya mengunduh gam/aplikasi android dalam format Apk, dan nantinya diinstal ke emulator android atau di instal ke ponsel android.


5. Cek Resi

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini transaksi online semakin diminati. Denganberbagai kemudahan dan seringnya diskon membuat semakin banyak konsumen memilih belanja online.

Salah satu proses yang harus di lewati konsumen ketika belanja online adalah menanti barang yang di bawa oleh kurir, sampai kerumah.

Proses pengiriman oleh kurir ini bisa memakan waktu cukup lama tergantung seberapa jauh jarak anda dengan lokasi penjual.

Jika sampai luar kota atau bahkan luar pulau, maka nomor resi wajib dipegang oleh konsumen untuk memantau pergerakan paket pesanannya.

Nah.. untuk mengetahui perkembangan lokasi paket, maka website yang melayani pengecekan nomor resi dari berbagai ekspedisi akan sangat bermanfaat meredakan cemas apakah barang dikirm atau tidak.

Baca juga :

6. Speed test

Kecepatan internet kita kadang angin-anginan, kalau lagi kumat suka tak terduga. Website speedtest menjadi salah satu situs untuk mengetahui kecepatan internet secara akurat.

Website speedtest bias juga digunakan untuk mengetahui kecepatan upload dan download dan juga lokasi server penyedia layanan internet yang di gunakan.

Bagi mereka yang menggunakan layanan SSH, akan sangat familiar dengan website ini. Setidaknya untuk mengetahui berapa keepatan intenet yang mereka gunakan dan apakah sesuai dengan harga yang sudah di bayarkan ke penyedia jasa SSH.


7. SMS Gratis

Kalau sekarang mungkin sudah mulai jarang yang memanfaatkan layanan website yang satu ini. Layanan SMS Gratis cukup populer ketika sesorang kehabisa pulsa untuk membalas SMS atau hanya sekedar isengin teman dengan SMS dari nomor asing.


Itulah 7 layanan website yang paling sering digunakan oleh para peselancar dunia maya. Mungkin anda memiliki website yang paling sering di kunjungi untuk memanfaatkan layanannya? Silakan ungkapkan dikolom komentar.

Semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment