Moge Matic yang asyik buat Turing

Turing adalah salah satu kegiatan yang bisa menghilangkan penat dan menjalin keakraban antar sesama pengguna sepeda motor dalam suatu komunitas. Perjalanan jarak jauh membutuhkan motor yang tangguh mampu bekerja dalam kondisi ekstreme dalam waktu yang lama. Karena saat turing, mesin motor dan komponen lain pada motor akan bekerja terus menerus dalam putaran medium hingga tinggi dalam waktu yang lama tergantung jarak yang di tempuh.

Saat perjalanan jauh, mesin akan berputar pada RPM tinggi secara konstan dalam waktu lama. Dan mungkin akan menemui jalan menanjak, tikungan tajam, atau kondis jalan yang tidak mulus. Oleh karena itu sebaiknya sebelum perjalanan jauh, kondisi motor harus di persiapkan dengan baik.

Kebanyakan orang akan memilih motor bertransmisi manual untuk digunakan sebagai kendaraan jarak jauh. Hal ini dapat di pahami karena motor kopling memiliki tenaga yang besar dan spontan. Lebih nyaman ketika harus berakselerasi saat ingin mendahului atau ketika menemukan tanjakan curam.

Tapi kendalanya kalau pas kena macet, bisa membuat tangan pegal. Pasalnya, saat turing, tidak melulu melewati jalan antar kota, kadang masuk kota tetangga yang macet luar biasa. Oleh karena itu tidak sedikit biker yang menggunakan motor matic untuk turing jarak jauh.

Meskipun motor matik kelas 125 / 150 cc lebih di peruntukan untuk kendaraan dalam kota, tapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk turing meskipun performanya tidak setara motor kopling.

moge matic buat turing

Jika anda ingin turing nyaman dan asyik menggunakan motor matic, berikut ini adalah pilihan Motor Gede (moge) bermesin 250 CC bertransmisi matic yang asyik buat turing.

VIAR V1 T3

Ini adalah salah satu motor asli buatan Indonesia yang patut dijadikan pilihan moge matic yang asyik buat turing. Kapasitas mesinnya memang tidak sampai 250 CC melainkan hanya 200 CC saja. Tapi dengan bodinya yang besar dan posisi berkendara yang  nyaman, motor ini bisa jadi teman turing yang asyik.

Harganya cukup murah, hanya dengan 23 jutaan, anda bisa membawa pulang VIAR V1 T3 untuk dijadikan kendaraan turing menempuh perjalanan jauh sambil menikmati pembangunan yang katanya sudah merata hingga ke pelosok Negeri.

Motor ini memiliki tenaga 9.7 di 7.500 rpm dan torsi maksimum 13.8 Nm di putaran 6.000 rpm. Untuk menunjang perjalanan jauh, motor ini dilengkapi tangki yang bisa menampung hingga 13.5 liter bahan bakar.


HONDA FORZA 

Dihadirkan pabrikan Honda untuk menantang XMAX di kelas 250 CC adalah salah satu motor gede yang asyik buat turing. Motor seharga 70 jutaan ini memiliki desain cruiser yang siap diajak turing apalagi rem depan dan belakang sudah menggunakan cakram.

Harga motor ini memang terbilang mahal, tapi teknologi yang diusungnya pun tak tanggung-tanggung, ada control traksi yang di namai HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Kemudian ada Windshield yang bisa diatur ketinggiannya secara elektronik, answer back system seperti motor kekinian pada umumnya, ABS sebagai standart keamanan masa kini di bidang pengereman dan tak lupa lampu yang sudah berteknologi LED.


BENELLI ZAFFERANO 250

Dibekali mesin 249.7 CC, Zafferano memiliki performa yang cukup bertenaga. Mesin Zafferano bisa mengeluarkan tenaga hingga 15.5 kW dengan torsi 20.83 Nm, cukup bertenaga untuk diajak berakselerasi. Motor buatan Benneli ini lumayan murah di jajaran moge matic kelas 250 CC meskipun belum dilengkapi fitur ABS dan lampu LED, tapi bisalah dijadikan pilihan motor matic untuk keperluan turing santai antar kota dan kabupaten.

Bagasi Zafferano bisa buat menyimpan dua helm sekaligus karena ukurannya yang sangat besar. Untuk mengakomodasi kebutuhan turing, motor ini sudah di bekali tangki berukuranbesar yang bisa menampung 12 liter bensin sekali isi.

Jika ingin membawa pulang motor buatan Italia ini, cukuo siapkan dana sekitar 50 juta saja dan anda pun siap turing jarak jauh bersama rekan seperkumpulan.


SYM GTS 250i

SYM adalah produsen motor asal Taiwan yang juga ikut meramaikan pasar otomotif Nusantara dengan salah satu produknya yaitu GTS 250i. SYM sendiri merupakan singkatan dari SanYang Motor, merk ini memang asing terdengar di telinga tapi mereka sudah memiliki beberapa Dieler di Indonesia.

Menggunakan mesin 249.9 CC, SYM GTS 250i mampu melaju hingga kecepatan 128 Km/Jam dari dukungan mesin berkekuatan 17.2 kW @8000 rpm dan torsi maksimal 22.7 Nm @ 5.500 rpm.

Bodinya cukup besar sehingga bisa menyimpan bagasi hingga 45 liter dibawah joknya. Sangat cocok untuk penyimpanan barang-barang keperluan untuk perjalanan jauh.


KYMCO DOWNTOWN 250i

Sama dengan SYM, Kymco juga merupakan salah satu merk motor asal Taiwan yang sudah lebih lama berada di lingkaran pasar otomotif Indonesia. Kymco memiliki produk motor matic 250 CC yang asyik untuk diajak turing. Kymco Downtown 250i adalah salah satu pesaing XMAX dan FORZA dikelas 250 CC.

Motor ini mampu menghasilkan tenaga 22.9 PS pada RPM 7.750 dan torsinya mencapai 2.36 kgm pada 6.000 rpm dari mesin berkapasitas 246.3 CC yang sudah berteknologi water cooling.

Memang harganya agak lebih mahal jika dibandingkan dengan Yamaha XMAX 250, tapi yaa bisalah buat pertimbangan kalau mau pakai moge matic yang beda dan tidak banyak kembarannya di jalan.


YAMAHA XMAX 250

Moge matic yang asyik buat turing produksi Yamaha ini sudah dilengkapi teknologi Traction Control System (TCS) sehingga bisa mencegah ban selip saat berakselerasi. Semakin aman dan nyaman dengan tambahan teknologi ABS pada system pengereman.

XMAX 250 menggunakan mesin $-Tak SOHC 250 CC yang bisa menghasilkan tenaga 16.8 kW pada putaran 7.000 rpm. Kemudian torsi yang dihasilkan adalah 24.3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Lebih nyaman lagi buat turing karena Yamaha XMAX 250 sudah menggunakan teknologi Blue Core sehingga lebih bertenaga, responsive dan hemat bahan bakar.


Itulah daftar moge matic yang asyik buat dipakai turing. Meskipun sebenarnya untuk urusan turing tidak perlu motor bertenaga besar seharga puluhan juta. Motor matic 110 CC pun bisa jadi kendaraan turing yang asyik selama penggunaannya menyesuaikan situasi dan tahu diri.

Jangan terlalu dipaksakan untuk melaju dan berakselerasi terlalu ekstreme. Kadangkala “ego” membuncah saat sedang melaju kencang tiba-tiba ada motor yang mendahului. Padahal kita sudah gas mentok ini, kok bisa-bisanya di salip.

Akhirnya untuk menjaga kredibilitas dan harga diri di jalan, berusaha mengejar untuk menyalipnya kembali tanpa menyadari kekuatan motor. Gas betot sampai habis, masih belum terkejar. Mainkan gas naik turun untuk mendapat akselerasi dan top speed, tapi masih juga nihil dan motor pun semakin ketinggalan jauh.

Tanpa dinyana tanpa diduga ternyata saat di rest area ketemu lagi motor yang nyalip tadi. Ehh ssetelah di selidiki ternyata NM4 Vultus, yaa terang aja gak terkejar, lahwong kita cuma pakai matic 110 CC.

Turing santai sambil menikmati pemandangan tanpa mengganggu pengguna jalan lain, itu sudah asyik. Tidak perlu motor mahal, tapi kalau bisa pakai moge matic pasti lebih asyik, yaa gak.

Share Informasi "Moge Matic yang asyik buat Turing" ini ke temanmu :)

0 Response to "Moge Matic yang asyik buat Turing"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.