Perbedaan SSH dan VPN

Mungkin anda sudah sering sekali mendengar istilah SSH dan VPN atau bahkan sering menggunakan kedua layanan tersebut. Mungkn juga tak sedikit yang masih bingung membedakan keduanya.

Oleh karena itu, pada bahasan kali ini kita akan megungkap apakah sebenarnya perbedaan VPN dan SSH serta apa juga kelebihan dan kekurangan menggunakannya.

Perbedaan SSH dan VPN

SSH adalah singkatan dari Secure Shell yang merupakan protocol jaringan yang memungkinkan terjadinya suatu pertukaran data melalui saluran yang aman antar dua jaringan dan memungkinkan juga untuk dapat masuk kejaringan lain.

SSH menyediakan saluran aman lewat jaringan yang tidak aman dalam arsitektur client dan server, menghubungkan aplikasi SSH client dengan server SSH.

SSH dikenal juga sebagai Secure Socket Shell yang merupakan antarmuka perintah dan protocol berbasiskan Unix untuk mendapatkan koneksi yang aman dengan computer jarak jauh. Perintah SSH dienskripsi dan di autentikasi dengan menggunakan sertifikat digital sehingga aman bagi klien dan server

SSH biasa juga digunakan untuk mendapatkan akses internet unlimited namun dengan harga yang murah atau bahkan gratis. Koneksi murah atau bahkan gratis ini didapat memanfaatkan promo free akses ke situs tertentu dari provider telekomunikasi.

SSH juga bisa dikombinasikan dengan VPN untuk mendapatkan IP Adress Luar Negeri sehingga mendapatkan kelebihan VPN.

Perbedaan SSH dan VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan sebuah koneksi dengan suatu jaringan lainnya yang dilakukan secara private melalui jaringan public (internet). Virtual Network berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual.

VPN biasanya digunakan untuk mendapatkan alamat IP dari luar Negeri agar dapat mengakses situs-situs tertentu yang mungkin dibatasi atau di blokir oleh pemerintah.

Namun tidak sebatas itu, dengan VPN, klien mungkin dapat terkoneksi ke jaringan melalui internet public melalui koneksi terenskripsi yang aman ke server VPN.

Pengguna VPN dapat menggnakan jaringan Wi-fi public tanpa khawatir ada orang-orang yang mengintip lalu lintas penelusuran web yang sedang terjadi saat terkoneksi jaringan Wi-fi tersebut.

Share Informasi "Perbedaan SSH dan VPN" ini ke temanmu :)