Macam-macam Klep di mesin 2 Tak

Katup di mesin 2 tak berbeda jika dibandingkan dengan mesin 4 Tak, baik secara sistem kerja dan bentuk.

Mesin 2 tak hanya menggunakan katup inlet sedangkan katup outletnya tidak ada. Tidak seperti di mesin 4-Tak yang setiap katupnya memiliki fungsi masing-masing.

Yang mengatur gas buang keluar lewat exhaust manifold adalah dinding piston yang berfungsi sebagai katup.

Katup di mesin 2-Tak tidak memiliki mekanisme penggerak khusus seperti di mesin 4 Tak yang memiliki beberapa perbedaan sistem katup.

Macam macam katup di mesin 2-Tak yang sering dijumpai antara lain :

1. Katup Buluh

Reed valve berada di intake manifold, bekerja menjaga campuran bahan bakar dan udara yang masuk keruang engkol tidak kembali ke karburator.

Saat piston bergerak dari TMB ke TMA maka terjadi ruang vakum di ruang engkol. Saat itu udara sari luar tertarik kedalam ruang engkol membawa bahan bakar yang ada di karburator ikut masuk melewati katup buluh.

Katup buluh secara default, posisinya menutup, kemudian membuka saluran inlet dikarenakan beda tekanan atmosfer antara ruang engkol dan udara luar.

Jadi saat piston bergerak dari TMB ke TMA, karena beda tekanan yang besar maka udara yang sudah melewati venturi di karburator mendesak katup buluh untuk terbuka.

Banyak motor bermesin 2 Tak yang menggunakan katup buluh seperti Yamaha Fiz-R, Kawasaki Ninja 2-Tak, dll.

Klep mesin 2 tak ini sebenanrnya yang paling umum digunakan oleh mesin 2-Tak dibanding katup rotary.

2. Katup Rotary

klep mesin 2 tak jenis Katup Rotary posisinya berada di poros engkol mesin, berbeda dengan katup buluh yang posisinya di intake manifold.

Katup rotary berupa piringan yang ikut berputar seirama dengan poros engkol. Karena berbentuk piringan seperti disk setengah lingkaran, maka katup mesin 2 tak ini juga di kenal dengan nama plate valve.

Piringan berbentuk bulat yang memiliki coakan di salah satu sisinya untuk membuka saluran masuk agar campuran bahan bakar bisa masuk keruang bakar. Bagian dalam piringan bergerigi sehingga bisa ikut berputar bersama poros engkol untuk membuka / menutup saluran masuk.


Itulah macam-macam klep di mesin 2-tak.

Meskipun saat ini mesin 2-tak sudah tidak lagi tenar karena masalah emisi, tapi masih banyak pecinta otomotif yang menggunakan motor 2-tak karena mesin 2-tak adalah salah satu mesin kendaraan yang memiliki suara khas, akselerasinya yang spontan dan perawatannya yang mudah meskipun perlu diakui bahwa biaya operasionalnya lumayan mahal.

Pasalnya, konsumsi bahan bakar motor 2-tak cukup boros, ditambah lagi harus menyediakan oli samping untuk melumasi piston. Dimana oli samping ini pun ikut terbakar bersama dengan bahan bakar. Itulah sebabnya kenapa mesin 2-tak berasap, karena ada oli yang memang ikut terbakar. Kecuali kalau pakai jenis oli samping low-smoke, tapi oli jenis ini temasuk mahal sehingga meningkatkan biaya operasional.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter