Cara mencampur Nutrisi untuk Hidroponik

Nutrisi adalah factor penting dalam pertumbuhan tanaman di system cocok tanam hidroponik. Nutrisi adalah sumber makanan bagi tanaman yang di kembangkan dengan cara hidroponik.

Salah satu keunggulan dari nutrisi yang di berikan dalam tanaman hidroponik adalah semua zat yang terkandung dalam nutrisi dapat diserap semuanya oleh tanaman karena tidak terbentuk endapan saat nutrisi di campurkan ke air.

Di pasaran, nutrisi untuk tanaman hidroponik dikenal dengan nama nutrisi AB Mix.

Pemberian nama AB Mix adalah untuk memudahkan orang mengingat dan menyebutkannya. Pada dasarnya AB Mix adalah dua jenis nutrisi yang digunakan pada tanaman hidroponik.

Dimana nutrisi A adalah, nutrisi yang memenuhi unsure makro hara untuk tanaman contohnya N (nitrogen), P (fosfor), K (kalium), Mg (magnesium), dll.

Sementara itu, Nutrisi B mengandung unsure mikro hara yang dibutuhkan oleh tanaman seperti, Fe (besi), Cu (tembaga), Cl (khlor), dll.

Cara mencampur Nutrisi untuk Hidroponik

Terdapat dua jenis pilihan nutrisi AB Mix yang dapat anda gunakan. Ada yang berupa cairan dan ada yang berupa butiran/serbuk. Yang jenis cairan biasanya lebih mahal daripada yang butiran. Untuk lebih hemat bisa pilih yang butiran saja tapi harus sedikit ekstra tenaga untuk melarutkannya kedalam air.

Cara Melarutkan Nutrisi AB Mix

1. Siapkan wadah botol plastik berukuran 600 ml sebanyak dua buah. Botol ini untuk melarutkan butiran nutrisi AB Mix kemasan 250 gram. Untuk melarutkan butiran nutrisi AB Mix kemasan 500 gram, gunakan botol berkapasitas 1000 ml dua buah.

2. Masukkan nutrisi A kedalam botol yang sudah di sediakan

3. Isi botol dengan air baku hingga botol terisi setengah kapasitasnya

4. Tutup botol yang berisi nutirsi A plus air tersebut lalu kocok-kocok agar nutrisi A terlarut ke dalam air

5. Jika sekiranya sudah larut, kemudian tambahkan lagi air baku / air bersih kedalam botol hingga penuh lalu kocok lagi agar larutan nutris A semakin homogen.

6. Jika sudah , beri tanda pada botol menggunakan spidol dengan tulisan “Nutrisi A” agar mudah dikenali.

7. Lakukan hal serupa untuk nutrisi B.


Itulah langkah-langkah melarutkan nutrisi A dan B. selanjutnya untuk mencampurkan nutrisi A dan B yang sudah terlarut tersebut adalah sebagai berikut.

Siapkan wadah penampung dengan kapasitas sesuai kebutuhan.

Kemudian buat campuran nutrisi dasar dengan perbandingan 1 : 3 : 3. Dimana perbandingan tersebut berupa 1 liter air dicampur dengan 3 ml larutan nutrisi A dan 3 ml larutan nutrisi B. dari perbandingan tersebut didapat komposisi larutan dengan kepekatan 500 ppm.

Untuk meningkatkan nilai ppm-nya, anda bisa menambahkan mulai dari 1 ml larutan nutrisi A dan B untuk meningkatkan nilai kepekatan sebesar 130 ppm.

Sisa larutan AB Mix yang belum terpakai bisa anda simpan untuk penggunaan berikutnya. Simpan botol larutan AB Mix di tempat kering dan sejuk yang tidak terkena matahaari langsung dan juga tidak lembab. Itulaj informasi tentang cara mencampur nutrisi untuk hidroponik. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter