Apa alasan orang memilih menggunakan keyboard mekanik

Post a comment

Keyboard mekanik mulai naik daun belakangan ini, bersaing dengan keyboard membran yang mengambil alih dominasi keyboard mekanik di awal perkembangan dunia komputer.

Awalnya, keyboard komputer memang menggunakan jenis mecanichal keyboard namun kemudian berganti dengan type membran yang dianggap lebih lembut dan tidak berisik.

Namun belakangan ini, keyboard mekanikal mulai populer dan banyak di pilih pengguna komputer.

Apa saja alasan orang memilih Keyboard Mekanikal?

1. Awet
Keyboard mekanikal menggunakan switch berbahan plastik dan metal yang cukup kuat menahan tekanan jemari saat mengetik. Keyboard mekanikal dapat menahan tekanan hingga 50 juta kali klik. Daya tahan ini beberapa kali lebih kuat dibanding keyboard membran yang hanya bertahan sekitar 10 juta kali klik.

2. Clicky
Keyboard mekanikal menghasilkan suara klik ketika ditekan. Suara feedback clicky hasil dari penekanan tombol keyboard akan memberi keyakinan kepada kita bahwa tombol sudah ditekan. Suara klik yang khas menghasilkan irama yang bisa memberikan semangat saat mengetik apalagi kalau punya kemampuan mengetik 10 jari, bisa buat orang berdecak kagum melihatnya.

3. Nyaman
Keyboard mekanikal memiliki bentuk permukaan keycaps yang agak cekung sehingga nyaman untuk ujung jari saat menekannya.

4. Akurat
Terdapat jarak antar tombol keyboard yang memungkinkan aktifitas mengetik lebih akurat. Keycaps cepat kembali ke posisi semula setelah ditekan sehingga akurasi nya lebih baik karena meminimalisir overlaping antar tombol yang ditekan saat mengetik cepat.

5. Meminimalisir Cidera
Cidera akibat penekanan berulang RSI (repetitive strain injuri) bisa di minimalisir karena pada keyboard mekanikal penekanan keycaps cukup setengah sudah bisa menghasilkan input sehingga tenaga yang di perlukan, rendah. Kalau pada keyboard membran biasanya kita perlu menekan hingga mentok dan kadang kurang yakin sehingga harus melakukan penekanan yang kuat. Meskipun sebenarnya tekanan balik membran relatif rendah.

6. Perawatannya Mudah
Salah satu perawatan pada keyboard adalah membersihkan secara berkala. Keycaps keyboard mekanik bisa di lepas sehingga memudahkan membersihkan keyboard dari kotoran yang menyangkut disela-selanya.

7. Bisa di Kostumisasi
Karena keycaps bisa dilepas maka keyboard bisa di kostumisasi sesuai keinginan kita. Misalnya mengganti warna tuts keycaps agar tampak lebih personal dan segar.

8. Menghibur
Keyboard mekanikal di lengkapi lampu led yang bisa "beratraksi" misalnya; menyala saat ditekan atau menyala bergantian seperti lampu tumbler. Namun jika anda tidak suka dengan efek lampu di keyboard, bisa pilih yang tanpa lampu.

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter