Cara Memperbaiki pompa bensin Yamaha Mio GT

Memperbaiki pompa bensin mio gt

Memiliki motor yang mulai "berumur" harus siap dengan kemungkinan adanya pengeluaran mendadak.

Apalagi kalau motor sudah menginjak umur lebih dari 5 tahun atau sudah melewati batas masa garansi.

Seperti motor mio gt yang saya miliki ini. Yamaha mio gt digaransi selama 3 tahun untuk mesin.

Perawatan rutin secara benar akan memperpanjang umur komponen motor. Tapi jika mobilisasi motor sangat tinggi, dapat mempengaruhi daya tahan komponen motor.

Salah satu komponen penting pada motor injeksi adalah pompa bensin.

Pompa bensin menjadi penting karena tugasnya yang fital dalam hal mengirim bahan bakar ke injektor. Jika pompa bensin bermasalah, maka kerja mesin akan terganggu.

Gejala yang ditimbulkan ketika pompa bensin bermasalah adalah, mesin menunjukan gejala mbrebet, sulit dihidupkan, atau bahkan mesin tidak bisa hidup sama sekali.

Analisa kerusakan pompa bensin bisa di deteksi dengan mendengarkan suara dengungan disekitar tangki saat kunci kontak diputar ke "ON".

Jika tidak terdengar suara mendengung, disusul mesin tidak bisa dihidupkan, maka bisa disimpulkan terjadi kerusakan pada perangkat pompa bensin.

Solusinya, ganti pompa bensin. Namun harus benar-benar dipastikan bahwa pompa bensinnya yang bermasalah, bukan aki atau komponen lain.

Jadi pastikan komponen apa yang rusak dalam pompa bensin tersebut.

Untuk memastikan part yang rusak anda bisa mencoba melepas selang bensin yang terhubung ke injektor.

Baca juga : Cara melepas selang bensin Mio GT

Setelah terlepas, arahkan ujung selang ketempat aman atau masukan kedalam botol agar tidak menyemprot kemana-mana.

Selang bensin,selang bensin mio

Lalu putar kontak ke arah ON (jangan lupa Akinya dipasang), perhatikan semburan bensin. Apakah menyembur kuat atau hanya menetes atau malah tidak menyemprot sama sekali.

Kalau semprotannya lemah atau bahkan tidak menyemprot maka lanjut proses perbaikan dengan membuka pompa bensin di tangki.

Baca juga : Cara mengganti tangki Mio GT

Kalau sudah dipastikan kerusakan terjadi pada pompa bensin. Maka anda bisa menggantinya dengan yang baru satu set atau hanya komponen pompa bensinnya saja.

Dalam perangkat pompa bensin terdapat saringan bensin, dinamo pompa (rotax), dan ic controler yang menyatu pada pompa bensin. Perangkat-perangkat ini dapat dibeli secara terpisah.

Jika anda ingin menghemat biaya, anda bisa memperbaiki pompa bensin Mio GT dengan mengganti komponen yang rusak saja. Misalnya mengganti ic-nya saja atau rotaxnya saja, atau ingin mengganti saringannya sekalian.

Baca juga : Cara mengganti saringan bensin Mio GT

Lepas perangkat pompa bensin dan lepas rotax (dinamo pompa bensin) yang diduga rusak.

Cukit kuncian rumah rotak yang berjumlah tiga menggunakan obeng minus kecil. Ingat posisi kabel, jangan sampai terbalik nanti ketika pemasangan kembali.

Rotax mio gt, rotax mio j,rotax mio, dinamo pompa bensin, kabel rotax mio

Cek kondisi rotax dengan menghubungkannya langsung ke aki. Jika rotak tidak berputar atau bergetar maka bisa di pastikan rotaxnya yang rusak, ganti dengan yang baru.
Rotax mudah di temukan part penggantinya dengan beragam rentang harga.

Rotax mio gt yang bisa diganti karena rusak

Tapi jika ketika dicoba menghubungkannya ke aki ternyata rotax dapat bergetar maka kemungkinan kerusakan nya terjadi pada perangkat ic-nya. Ic-nya ini pun tersedia di toko spare part dengan harga beragam dan tentu saja lebih murah jika harua beli seperangkat pompa bensin fullset.

Perangkat pompa bensin bisa rusak karena di pengaruhi oleh umur pemakaian atau karena terlalu aering menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah (bensin premium).

Karena sejatinya, motor-motor berteknologi injeksi dianjurkan menggunakan bensin pertamax atau minimal pertaite.

Jika pun terpaksa harus pakai bensin premium sebaiknya jangan terlalu sering. Sewaktu-waktu saja kalau pas belim gajian atau ingin "mbolang" keliling kota atau turing jarak jauh dimana bensin dalam tangki akan langsung habis digunakan dalam satu waktu.

Untuk keperluan sehari-hari pakailah bensin pertamax atau pertalite jika ingin sedikit berhemat. Agar komponen mesin lebih awet

Motor injeksi khususnya motor kelas skuter matic memang relatif minim perawatan. Namun jika motor jenis ini rusak maka siap-siap merogoh kantong agak dalam.

Baca juga : Motor injeksi mogok, siapkah dompet anda?

Oleh karenanya penting sekali untuk membawanya ke bengkel resmi untuk perawatan rutin sehingga dapat mencegah motor mogok tiba-tiba.

Memang motor saya ini tidak pernah servis di bengkel resmi semenjak bonus servis gratisnya berakhir. Perawatannya hanya ganti oli berkala yang dilakukan sendiri dirumah.

Baca juga : Fakta menarik di balik baut oli Mio GT

Sebelum motor ini akhirnya mogok karena pompa bensin ngadat, terdapat gejala mbrebet setiap kali motor dinyalakan. Kadang saat dijalan pun, motor kadang-kadang mbrebet ketika diajak berakselerasi, meskipun kondisi mesin sudah panas.

Awalnya kecurigaan tertuju pada busi, karena busi motor ini memang belum pernah diganti sejak keluar dari diler 7 tahun yang lalu (tahun 2013, tulisan ini tayang 2020).

Namun setelah ganti busi, gejala mbrebet tetap terjadi dan akhirnya semakin parah, motor sulit dihidupkan dan akhirnya mogok total.

Jadi jika anda menemukan gejala motor mbrebet, sebaiknya segera konsultasikan ke bengkel langganan daripada nanti tiba-tiba mogok dijalan. Meskipun tidak selamanya motor mbrebet karena pompa bensin karena bisa saja hanya karena busi atau karena ICS-nya minta dibersihkan, tapi alangkah baiknya segera dicek. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter